Jawa TengahPurworejoTMMDTNI

Pembukaan TMMD Sengkuyung Desa Sedayu Purworejo Ditandai Pemukulan Kentongan

200
×

Pembukaan TMMD Sengkuyung Desa Sedayu Purworejo Ditandai Pemukulan Kentongan

Sebarkan artikel ini
TMMD Sengkuyung Desa Sedayu Purworejo
Pembukaan TMMD Sengkuyung di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (f/pendim)

MJNews.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2023 kembali digelar di Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Pembukaan TMMD ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Asisten II Setda Purworejo Sutrisno di lapangan Menoreh, Rabu (10/05/2023).

Selain membuka akses ekonomi masyarakat desa setempat, TMMD di Desa Sedayu juga membuka akses wisata menuju Badan Otorita Borobudur (Glamping de Loano) serta menghubungkan Kabupaten Purworejo menuju Kabupaten Kulon Progo. Sasaran pembangunan merupakan tindak lanjut program TMMD yang sudah terlaksana pada 2020.

Hadir dalam kegiatan ini Kasi Pers Korem 072 Pamungkas, Kolonel Inf Wawan Indaryanto, S.Pd, Komandan Kodim Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Kapolres Purworejo AKBP Viktor Ziliwu,. SH. S.I.K MM, Asisten 2 Sekda Purworejo Drs Sutrisno (Mewakili Bupati Purworejo), Wakil Ketua DPRD Purworejo Frans Suharmaji, SH dan Forkompincam Kecamatan Loano.

Dalam keterangannya, Asisten 2 Sutrisno menyampaikan, kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat dan frekuensinya dapat ditingkatkan sehingga hasilnya akan lebih bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya di daerah pedesaan. Program ini dalam rangka untuk menyelesaikan persoalan yang di alami warga di daerah yang menjadi sasaran TMMD.

“Dengan TMMD diharapkan kehidupan ekonomi akan menjadi lebih baik, akses pasar bisa menjadi lebih bisa terkendali dan anak sekolah akan menjadi lebih lancar,” ungkapnya.

TMMD ini menjadi replikasi untuk mendukung pembangunan masyarakat desa melalui program TMMD. Dengan perbaikan akses secara fisik, sosialisasi dan wahana maka akan terbuka lebar untuk mengembangkan wisata di perbukitan Menoreh ini.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta Pemerintah Daerah melalui TMMD, merupakan kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0708 Purworejo melalui Pasi Ter Kapten Infanteri Noor Cholik dalam laporannya menyampaikan dukungan anggaran TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2023 ari APBD Propinsi Jateng : Rp.170.000.000,00,-,dari APBD Kabupaten Purworejo : Rp.150.000.000,00,-,swadaya masyarakat : Rp.25.000.000,00,- anggaran : Rp.345.000.000,00,-.

Sedangkan untuk sasaran TMMD fisik dan non fisik yang meliputi pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang: 350 M, lebar : 4 M, tebal : 0,12 M. Pembangunan drainase dengan volume panjang : 250 M,lebar : 0.40 M,t inggi : 0.40 M. Pembangunan Box Culvert dengan volume panjang : 12 M, lebar : 0,40 M, dan tinggi : 0,40 M.

Untuk Non Fisik Giat Penyuluhan Wasbang dari Kodim 0708 Purworejo, penyuluhan Kebencanaan dari BPBD Kabupaten Purworejo, penyuluhan tentang Stanting dari Dinas Kesehatan kabupaten Purworejo dan penyuluhan pernikahan dini dari Kemenag Kabupaten Purworejo.

(fix)

Kami Hadir di Google News