InfrastrukturWisata

Rp 2 Miliar untuk Optimalkan Embung Sungai Abu Tabek Gadang

66
×

Rp 2 Miliar untuk Optimalkan Embung Sungai Abu Tabek Gadang

Sebarkan artikel ini
Embung Sungai Abu Tabek Gadang
Inspektur Pemkab Padang Pariaman Hendra Aswara didampingi Walinagari Yasman, saat meninjau embung di Nagari Toboh Gadang, Senin (14/12/2020). (ist)

mjnews.id – Inspektur Hendra Aswara melakukan peninjauan lokasi Wisata Embung Sungai Abu Tabek Gadang di Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Senin (14/12/2020). Wisata embung tersebut dikelola Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) dibawah pembinaan walinagari setempat.

Embung seluas lebih dari 8 hektare ini dirancang sebagai lokasi wisata yang menyediakan wisata air, sepak bola, gazebo dengan suasana pedesaan. 

“Potensinya sangat bagus, wisata keluarga dan para milenial untuk datang ke embung ini. Apalagi, sudah pula disuntik anggaran Kemendes Rp2 miliar. Diharapkan pembenahannya bisa optimal,” kata Hendra Aswara.

Hendra juga menyampaikan, bahwa saat ini Inspektorat Padang Pariaman juga sedang melakukan audit dalam pengelolaan dana desa atau nagari. Audit dana nagari tersebut untuk memastikan dana nagari dilaksanakan secara akuntabel dan transparan.

Tim Inspektorat akan berada di kantor nagari selama audit berlangsung. Hendra berharap kerjasama dari perangkat nagari terhadap data dan dokumen yang dibutuhkan auditor.

Sementara Walinagari Toboh Gadang Yasman mengatakan, bahwan embung desa tersebut telah mendapat bantuan dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal. Ia berharap adanya embung desa ini untuk mengangkat potensi desa demi kesejahteraan masyarakat.

“Insyaallah, kita juga sediakan lahan untuk pembangunan kolam renang, kolam pancing, polo air, loncat indah. Kami mohon dukungan dari Kementerian Desa, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Daerah,” ujar Yasman.

Diketahui, embung desa tersebut telah mendapatkan bantuan dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal sebesar Rp2 miliar. Untuk ke depan, diharapkan bantuan untuk kelanjutan pembangunan fasilitas embungb desa tersebut.

(dam/sul)

Kami Hadir di Google News