Ekonomi

19 Pinjol Legal akan Tutup akibat Tak Penuhi Syarat OJK, Debt Collector Gak Bakal Nagih Lagi?

6229
×

19 Pinjol Legal akan Tutup akibat Tak Penuhi Syarat OJK, Debt Collector Gak Bakal Nagih Lagi?

Sebarkan artikel ini
maxresdefault 70
Ilustrasi

“Jadi tidak semua perusahaan pinjaman online ada debt collector lapangan dan pinjol yang sudah ada DC lapangan pun belum tentu ada di lokasi rumah Anda,” katanya.

Lebih lanjut, katanya, beberapa pinjol memang memiliki Dc lapangan, seperti Shopee payletter atau Shopee Pinjam. Mereka punya DC tetapi tidak di semua kota.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

“Di daerah Jabodetabek saja untuk di kota-kota lain masih belum ada Dc lapangannya. Meskipun nama daerahnya besar tetapi Shopee belum mempunyai DC lapangan yang tidak merata,” katanya.

Sementara pinjol Akulaku, Kredivo, Kredit Pintar sudah ada DC lapangan hampir disetiap daerah.

Lalu, bagaimana caranya agar DC lapangan dari Akulaku, Kredit Pintar tidak datang ke rumah?

Cuma Pinjol mengatakan, nasabah harus menunjukkan bahwa benar-benar tidak bisa membayar dan Anda sudah pasrah apapun yang terjadi karena dengan begitu debt collector akan mikir ulang.

“Jadi Anda harus tahu kalau DC lapangan datang ke rumah pasti ada aturannya apa aja ya yang boleh dilakukan kemudian yang enggak boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan,” katanya.

Contohnya, DC lapangan melakukan ancaman dan melakukan intimidasi, serta merendahkan harta martabat nasabah gagal bayar pinjaman online. Hal itu tidak boleh dilakukan debt collector.

“Bahkan menyita atau merampas barang milik Anda pun itu enggak boleh. Saat Anda terlilit hutang ya tinggal berusaha mencari jalan keluarnya dan juga berdoa agar utang bisa segera lunas,” katanya.

OJK juga membocorkan ada 135 pinjaman online ilegal yang ditunjuk dan ini juga merupakan aduan-aduan dari para nasabah yang gagal bayar di pinjol legal banyaknya aplikasi pinjaman online ilegal yang ditutup.

“Jadi ini merupakan sebuah berita bagus bahwasanya OJK tidak tinggal diam terkait masalah pinjol ilegal yang mana untuk Anda yang saat ini gagal bayar di pinjol legal,” katanya. (DANA Kaget)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT