ADVERTISEMENT
Ekonomi

Cara Hidup dengan Gaji Ngepas UMR, Trik Sukses Atur Keuangan 2024

152
×

Cara Hidup dengan Gaji Ngepas UMR, Trik Sukses Atur Keuangan 2024

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Investasi
Ilustrasi Investasi bagi pekerja gaji UMR (foto: Pexels/maitree rimthong)

Mjnews.id – Berapa pun gaji per bulanmu saat ini, tentunya harus mengetahui trik sukses atur keuangan agar hidup berkecukupan.

Anggap lah jika kamu tinggal di ibukota Jakarta dengan perolehan UMR Rp5 juta, bagaimana cara mengalokasikannya untuk hidup tahun 2024.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Seperti yang sama-sama diketahui bahwa tidak hanya UMR yang naik tiap tahun, tapi juga kebutuhan hidup sesuai penjabaran Youtuber Doddy Bicara Investasi.

Doddy Bicara Investasi dalam kontennya akan memberikan solusi terkait, berdasarkan sebuah video berjudul, “Gaji Rp5 Juta per Bulan. Gimana Cara Aturnya?”

Baca Juga  Meski Minim Anggaran, Pemkab Pessel Tetap Maksimalkan Pembinaan Koperasi

Pada artikel ini, akan dibahas terkait informasi cara realistis atur keuangan dan 4 kebiasaan buruk pengelolaannya untuk dihindari hingga rekomendasi investasi bagi pemula.

Cara Realistis Atur Keuangan

Menurut Doddy Bicara Investasi, kamu harus sisihkan 10% dari gaji untuk kegiatan sosial dan pengembangan diri seperti donasi serta amal hingga beli buku & ikut seminar.

Pokoknya pengeluaran tersebut dapat membantu peningkatan skill dan potensi diri bertambah, sehingga kemampuan itu bisa menghasilkan pendapatan lebih banyak.

Berikutnya, sisihkan 20% dari gajian buat tabungan serta dana darurat hingga investasi. Lalu, 30% lainnya bisa kamu alokasikan buat tempat tinggal secara total.

Baca Juga  Rp5 Juta Sehari dari TikTok Tanpa Edit Video Emang Bisa? Ternyata Ini Triknya!

Sisanya yaitu 40% dari gajian bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, misalnya gajimu Rp5 juta sebulan. Maka breakdown dari poin-poin di atas adalah:

  • Upgrade Skill Rp500 ribu
  • Tabungan, dana darurat & investasi Rp1 juta
  • Biaya tempat tinggal Rp1,5 juta
  • Kebutuhan pokok Rp2 juta

“Selalu sisakan minimal Rp1 juta per bulan buat Tabungan, dana darurat dan investasi. Karena hal ini lah yang nanti akan jadi Passive Income kalian jika sakit dan atau tidak bekerja,” ujar Doddy.