Bank NagariEkonomi

Pemko Pariaman Terapkan Layanan Scan QRIS Bank Nagari

66
×

Pemko Pariaman Terapkan Layanan Scan QRIS Bank Nagari

Sebarkan artikel ini
Kota Pariaman Terapkan Layanan Scan QRIS
Usai memberikan penjelasan tentang QRIS, Pejabat Bank Nagari foto bareng dengan Pejabat Pemko Pariaman. (ist)

MJNews.id – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menerapkan Sistem Transaksi Pembayaran melalui Layanan Scan Quick Response Indonesian Standar (QRIS).

QRIS merupakan sistem aplikasi dimana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran melalui scan QRIS yang ada pada merchant atau penjual produk barang dan jasa yang mempunyai jenis bisnis online ataupun online.

Walikota Pariaman, Genius Umar sangat mengapresiasi upaya Bank Nagari sebagai mitra Pemko Pariaman dalam mewujudkan Kota Pariaman sebagai Kota Pintar atau smartcity, salah satunya dengan aplikasi QRIS ini.

“Saya rasa langkah ini sangatlah tepat jika aplikasi QRIS ini kita terapkan di Kota Pariaman dan saya sangat menyambut hal baik ini karena kita harus membiasakan bekerja cepat dengan aplikasi pintar yang dapat mempermudah sistem layanan transaksi pembayaran dalam transaksi apapun,” ungkapnya.

Diungkapkan Genius, ketika melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan RI membahas tentang persiapan peresmian Pasar Rakyat Pariaman, Maret mendatang, sudah diberitahu bahwa Bank Indonesia (BI) memiliki program yang namanya QRIS ini.

“Tentu ini menjadi kabar baik bagi Pemko Pariaman dan segera kita ambil langkah cepat sehingganya dilakukan persentase Layanan QRIS oleh Bank Nagari pada hari ini,” ucapnya.

Walikota berharap sistem QRIS ini dapat membantu dan mempermudah pedagang dan pembeli di pasar tersebut dalam melakukan transaksi jual belinya.

Disamping itu, tujuan lain dari aplikasi ini supaya siapa saja tahu berapa jumlah transaksinya perhari karena dapat dipantau dari QRIS ini. Jika meningkat berarti pemerintah telah berhasil dalam menerapkan aplikasi pintar ini di Kota Pariaman.

Disamping itu, Genius juga memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada Bank Nagari untuk mengembangkan sistem Smartcity Plan yang dimiliki Bank BPD Sumbar tersebut agar dapat diaplikasikan di kota tabuik ini.

“Sekali lagi, saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Bank Nagari atas inovasi ini. Ini adalah satu dari banyaknya upaya kita dalam rangka mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota smartcity,” tutur dia.

Sementara itu, Pemimpin Divisi Pemasaran Bank Nagari, Ardi Putra mengatakan, aplikasi ini sangat UNGGUL: UNiversal dimana dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code. Jadi, masyarakat tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.

Gampang, untuk masyarakat sangat mudah, tinggal scan dan klik bayar. Sementara untuk merchant juga mudah, tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran QR apa pun.

Untung, bagi pengguna karena dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun untuk membayar, Merchant: cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.

Langsung, pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pengguna dan merchant langsung mendapat notifikasi transaksi. Di samping itu, juga memiliki Merchant Presented Mode (MPM) Statis, dengan cukup memajang satu sticker atau print-out. QRIS pengguna hanya melakukan scan, masukkan nominal, masukan PIN dan klik bayar.

Ardi menambahkan, untuk di Kota Pariaman, sektor pariwisata baik akses untuk masuk, parkir dan UMKM akan dilakukan penggunaan QRIS ini sehingga Kota Pariaman sudah bisa dikatakan sebagai kota digital dalam bentuk transaksi.

Ia juga menjelaskan, QRIS Bank Nagari ini diluncurkan 12 Maret 2020. Bank Nagari adalah Bank BPD kedua di Indonesia dan pertama di Sumatera untuk implementasi QRIS. Sementara untuk di Sumbar Kota Pariaman adalah daerah pertama.

Pada 3 Desember 2020, menerima penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Perbankan Terbaik 1 Tahun 2020 Kategori Pelaksana Perluasan QRIS.

(*/sul)

Kami Hadir di Google News