EkonomiWisata

GIPI Sumbar Adakan Pelatihan Kepariwisataan di Solok Selatan

129
×

GIPI Sumbar Adakan Pelatihan Kepariwisataan di Solok Selatan

Sebarkan artikel ini
GIPI Sumbar Adakan Pelatihan Kepariwisataan
Joni Mardianto dari Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar saat menyampaikan materi kepariwisataan pada pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Solok Selatan. (ist)

MJNews.id – Keberhasilan pembangunan kepariwisataan tidak terlepas dari peran serta sumberdaya manusia pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif. Sebagus dan semenarik apa pun objek wisata, tidak akan ada artinya tanpa keterlibatan tenaga kepariwisataan dan pelaku ekonomi di lingkungan destinasi wisata tersebut.

Maka dari itu, Pemkab Solsel melalui Dinas Kepariwisataan dan Kebudayaan Solsel melakukan upaya upaya penguatan dalam pembangunan kepariwisataan dengan melaksanakan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Tahun 2021.

Kegiatan yang menghadirkan 50 peserta dari kelompok sadar wisata dan pelaku ekonomi kreatif Solsel tersebut merupakan kegiatan Bidang Ekonomi Kreatif Disparbud yang dilaksanakan selama dua hari di Wisma Umi Kalsum, Selasa 9 Maret 2021.

Asisten I Sekdakab. Solsel, Dr. H. Fidel Efendi ketika membuka acara itu secara resmi mengharapkan para kelompok sadar wisata dan pelaku usaha kreatif di setiap dinasti wisata Solsel dapat menjadi penggenjot kunjungan wisata usai mengikuti pelatihan ini. 

“Melalui peran aktif dari anggota Pokdarwis dan pelaku usaha kreatif, kunjungan wisata di Solsel ini akan lebih merasakan kepuasan,” kata Fidel. 

Kunjungan wisata jika sangat banyak, tapi tidak diberikan rasa nyaman dengan pelayanan serta tersedianya berbagai informasi potensi wisata, maka kunjungan wisata itu tidak akan bertahan lama dan berlanjut.

Sementara itu Kadis Pariwisata dan Budaya, Solsel, Harri Trisna di kesempatan itu mengatakan, peserta yang berasal dari Pokdarwis dan pelaku ekonomi kreatif di sekitar destinasi wisata Solsel ini, dirasa perlu untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan. 

Baik untuk menjadikan wisatawan lebih menikmati kunjungannya, maupun untuk mewujudkan kepuasan wisatawan dengan berbagai oleh-oleh atau menu sajian makanan dan minuman yang mereka inginkan. 

Sementara itu Kabid Ekraf Disparbud Solsel, Martin Edi menambahkan, pelatihan dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan nara sumber Joni Mardianto dari GIPI Sumbar.

“Selain itu ada juga dua orang nara sumber pemerhati wisata dari Kabupaten Solsel yaitu, Bujang Joan Datuak Panyalai dan Attila Majadi Dt. Sibungsu,” pungkas Martin Edi didampingi Reni.

(aa/ems)

Kami Hadir di Google News