EkonomiPerbankan

Bank Indonesia Gelar FESyar Regional Sumatera 2020

74
×

Bank Indonesia Gelar FESyar Regional Sumatera 2020

Sebarkan artikel ini
Festival Ekonomi Syariah
Bank Indonesia menggelar acara Festival Ekonomi Syariah secara virtual. (ist)

mjnews.id – Bank Indonesia (BI) menginisiasi kegiatan International Syariah Economic Festival (ISEF), dimana pelaksanaannya telah dibuka secara resmi melalui kegiatan Kick Off oleh Wakil Presiden Republik Indonesia pada 7 Agustus 2020 lalu. Kick Off tersebut diiringi dengan penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) sebagai rangkaian kegiatan Road to ISEF.

Penyelenggaraan FESyar 2020 dilaksanakan 1 (satu) kali pada masing-masing regional, dimulai dari wilayah Kawasan Timur Indonesia, Sumatera dan Jawa. Untuk FESyar regional Sumatera, Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat (Sumbar) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan yang dilaksanakan pada 14–20 September 2020 secara virtual dengan tema “Penguatan Konektivitas Ekonomi Syariah sebagai Pendorong Ekonomi Regional. 

“Ekonomi dan keuangan syariah diyakini mengandung nilai-nilai yang sangat mendukung keadilan dalam pembangunan sosio-ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan manusia,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama A, seperti dalam rilis yang diterima Selasa (15/9/2020).

Ia mengatakan, BI sebagai salah satu penjaga pilar stabilitas ekonomi dan keuangan, secara konsisten mendorong dan terus mengembangkan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia. Diharapkan nanti akan berdampak positif bagi penguatan stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Pengembangan Ekonomi Syariah di BI difokuskan melalui 3 pilar yaitu pilar Penguatan Ekonomi Syariah, Penguatan Sektor Keuangan Syariah untuk Pembiayaan dan Penguatan Riset, Asesmen & Edukasi,” tambahnya.

Sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan industri keuangan syariah, BI menggelar rangkaian kegiatan dalam penyelenggaraan FESyar Virtual Sumatera 2020 meliputi Shari’a Economic Forum dan Shari’a Economic Fair.

Sharia’ Economic Forum merupakan platform berupa Webinar, bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi syariah, meningkatkan pendalaman pasar keuangan syariah/pemberdayaan Islamic Social Finance, serta meningkatkan edukasi/kurikulum ekonomi dan keuangan syariah.

“Webinar yang edukatif ini melibatkan Kepala Departemen dan/atau Kepala Perwakilan BI Se-Sumatera sebagai keynote speaker, serta narasumber dan moderator dari tokoh-tokoh nasional, akademisi dan pelaku usaha yang ahli dibidangnya,” tambahnya.

Shari’a Economic Fair merupakan showcase program ekonomi dan keuangan syariah yang bertujuan sebagai sarana sosialisasi/edukasi/diseminasi, serta menumbuhkan wirausaha syariah. Kegiatan terdiri dari virtual expo dengan menampilkan UMKM unggulan dibidang fashion, food, integrated farming, dan renewable energy.

Selain itu, diselenggarakan juga kegiatan tabligh akbar, talkshow, dan berbagai perlombaan yang melibatkan narasumber nasional dan juri ternama antara lain seperti Ustadz Prof. Dr. Din Syamsuddin, Nycta Gyna, Itang Yunasz, Armand Maulana, Cakra Khan, dan Jenahara.

Dengan diselenggarakannya FESyar Regional Sumatera 2020 yang berlangsung secara virtual selama 7 (tujuh) hari ini, diharapkan dapat mendiskusikan potensi, perkembangan dan tantangan serta menentukan model business linkage yang dapat diterapkan dalam mendorong regional Sumatera sebagai Islamic Economic Hub, termasuk mempertemukan pemasok dan produsen, produsen dan distributor, produsen dan konsumen, maupun investor pada industri halal nasional.

Selain itu, FESyar Regional Sumatera 2020 merupakan wujud implementasi sinergi dan koordinasi BI dengan otoritas lain seperti Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), MUI, BPOM Republik Indonesia, Kementerian Keuangan dan Badan Wakaf Indonesia, serta asosiasi seperti Asbisindo, IAEI dan MES dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. 

(eds)

Kami Hadir di Google News