Ekonomi

Distan Agam Lakukan Sambung Pucuk Bibit Tanaman

100
×

Distan Agam Lakukan Sambung Pucuk Bibit Tanaman

Sebarkan artikel ini
Distan Agam sediakan bibit unggul
Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam menyediakan bibit unggul untuk masyarakat dengan melakukan sambung pucuk beberapa bibit tanaman. (Ist)

mjnews.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam menyediakan bibit unggul untuk masyarakat Kabupaten Agam, dengan melakukan sambung pucuk beberapa bibit tanaman.

“Sambung pucuk ini baru pertama kami lakukan untuk menghasilkan bibit unggul,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu didampingi Kabit Hortikultura, Sari Mustika, Senin (28/9/2020).

Pihaknya melakukan sambung pucuk ini, lebih kurang sejak sebulan lalu, setelah beberapa pegawainya selesai mengikuti pelatihan di Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat.

“Hal ini merupakan kegiatan perdana, maka kami hanya melakukan sambung pucuk dalam skala kecil,” katanya.

Pihaknya hanya melakukan sambung pucuk untuk bibit durian sebanyak 200 batang, alpokat 100 batang, dan jambu sebanyak 200 batang.

“Untuk bibit durian dan alpukat, kami menyambung dengan jenis durian kunyit dan alpokat mentega,” katanya.

Sedangkan untuk batang bawahnya, hanya menggunakan jenis biasa. Untuk bibit jambu, kami menyambungnya dengan jambu madu, dan batang bawahnya menggunakan jambu jamaika.

Sebelumnya, berbagai jenis bibit unggul yang ada di kebun bibit, merupakan pengadaan bibit unggul oleh Dinas Pertanian Kabupaten Agam. Oleh sebab itu, sambung pucuk perdana ini akan dijadikan sebagai percontohan.

“Jika berhasil, maka kita lakukan sambung pucuk dalam skala besar,” katanya.

(irm)

Kami Hadir di Google News