Budaya

Suku Indak Bapanghulu, Indak Baradaik Urang Minang Namonyo

84
×

Suku Indak Bapanghulu, Indak Baradaik Urang Minang Namonyo

Sebarkan artikel ini
Buya Wisril Sidi Malin
Buya Wisril Sidi Malin (nomor 3 dari kiri).

SOLOK KOTA, MJNews.id – Buya Wisril Sidi Malin mengatakan, hubungan syarak dengan adaik, ibarat tubuh dengan pakaian. Hal tersebut dikatakan Buya Wisril saat memberi ceramah agama dan adat dalam kegiatan Arisan Ninik Mamak Sahilie Samudiek (S2) Solok di kediaman Lenggang Pado Tanah Garam, Selasa 1 Juni 2021. 

“Dalam hal terhadap adaik istiadaik, kok karajaan iyo barajo, suku iyo bapanghulu. Sipeknyo babue mati. Tidak babue sentak. Namun jika sebuah suku tidak bapanghulu, indak baradaik namonyo urang Minang ko lai,” jelasnya.

Sementara menyinggung adaik sabana adaik adalah hal-hal yang tunduk kepada hukum alam seperti bukik bakabuah, lurah baraia, lawik barombak. Kejadian dan peristiwa alam tersebut tidak bisa diasak dan indak bisa dibubuik lai sampai hari kiamat dan kito mati.

Sedangkan berbicara tentang adat nan teradat, seperti kata pepatah-petitih, selama diagungkan dan diterima secara turun temurun. Seperti kebiasaan sudah nikah pengganti bisa melaksanakan pesta, basaluang, barandai dan sebagainya. Dalam hal ini berlaku adaik salingka nagari. Lain lubuk lain ikannyo, sedangkan iko dinamokan adat istiadat.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Ketua Ninik Mamak Sahilie Samudiek Reflitasman, ST, Dt Putieh, Sekretaris Rj Iman Batuah, Penasehat Betler Dt Rj Lenggang Sati, Firdaus Edwar Dt Mudo dan undangan lainnya.

(zal) 

Kami Hadir di Google News