EkonomiSumatera Barat

Menteri KKP Ingin Budidaya Perikanan Sumbar Berorientasi Ekspor

87
×

Menteri KKP Ingin Budidaya Perikanan Sumbar Berorientasi Ekspor

Sebarkan artikel ini
Menteri KKP meninjau ke PT Dempo di kawasan PPS Bungus
Menteri KKP saat meninjau PT Dempo di kawasan PPS Bungus, Padang.

PADANG, MJNews.id – Bersama dengan anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, anggota DPD RI, Emma Yohana serta jajaran Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono melaksanakan kunjungan kerja selama tiga hari, 2-4 Juni di Sumatera Barat (Sumbar).

Kehadiran Menteri Sakti ke Ranah Minang ingin melihat langsung kondisi sesungguhnya tentang berbagai potensi perikanan di Sumbar. Menurutnya, kunjungan ini penting sebagai dasar menentukan langkah dan program apa yang tepat bagi Sumbar.

“Bagus sekali di Sumbar sudah ada perusahaan ikan tuna, tapi skalanya saya lihat masih kecil. Industri ini yang akan kita dorong. Dari sisi nelayan, bagaimana alat tangkapnya bisa ditingkatkan sehingga pada akhirnya nilai tukarnya jadi lebih baik dan kesejahteraannya meningkat,” kata Sakti, usai meninjau ke PT. Dempo, di kawasan PPS Bungus, Rabu 2 Juni 2021.

Menteri Sakti yang pernah menjabat wakil menteri pertahanan ini menambahkan, semua rangkaian kunjungan kerja KKP adalah dalam rangka mewujudkan tiga program besar KKP sampai tahun 2024.

Diantara program tersebut adalah pengembangan dan peningkatan budidaya yang orientasi ekspor. Menurut Sakti, salah satu potensi budidaya yang bagus di Sumbar adalah potensi kerapu dan ini yang harus dikembangkan.

Program lainnya adalah budidaya dengan kearifal lokal. Yakni, dengan menciptakan atau mengembangkan kampung-kampung perikanan dengan skala besar. Misal kampung nila atau gurame. Kedua jenis ikan ini kata Sakti, juga berpotensi di Sumbar.

“Makanya saya harus lihat langsung kondisi realnya. Yang paling penting juga ialah, harus dilihat apakah masyarakat yang akan kita bantu itu memang punya passion diusaha perikanan atau tidak. Jadi harus tepat sasaran. Potensi lain di Sumbar ini adalah bagaimana membuat subsitusi pakan, ini potensi industri juga. Apalagi orang Sumbar yang lulusan perikanan yang hebat-hebat itu banyak,” tutur Menteri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Yosmeri bersyukur sekali atas kunjungan Menteri KKP RI dan Tim ke Sumbar.

“Kita berharap dengan kunjungan pak menteri ke Sumbar, Pak Menteri melihat langsung potensi kelautan dan perikanan Sumbar sehingga beliau mendorong pembangunan kelautan dan perikanan Sumbar,” harap Yosmeri.

selama tiga hari melaksanakan kunjungan kerja di Sumbar, Menteri akan melakukan peninjauan ke beberapa daerah. Diantaranya meninjau prosesing Tuna di PPS Bungus, meninjau usaha pembenihan gurami di Suliki, melihat budidaya patin terintegrasi di Lubuk Minturun, serta peninjauan budidaya kerapu di Carocok, Pesisir Selatan.

(kominfotik sumbar) 

Kami Hadir di Google News