BudayaSumatera Barat

Mande Rubiah LKAAM Kuranji Gelar Malamang Basamo

151
×

Mande Rubiah LKAAM Kuranji Gelar Malamang Basamo

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Padang, Hendri Septa hadiri Malamang Basamo yang digelar Mande Rubiah LKAAM Kuranji
Wali Kota Padang, Hendri Septa hadiri Malamang Basamo yang digelar Mande Rubiah LKAAM Kuranji. (f/prokopim)

PADANG, Mjnews.id – Wali Kota Padang, Hendri Septa memberikan apresiasi atas digelarnya kegiatan Malamang Basamo se-Kecamatan Kuranji yang diprakarsai oleh Mande Rubiah Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Kuranji bertempat di halaman belakang kantor kecamatan setempat, Sabtu (11/2/2023) siang.

Kegiatan yang diikuti 9 kelurahan se-Kecamatan Kuranji ini pun bertujuan untuk membangkitkan kembali tradisi budaya malamang di Kota Padang khususnya Kecamatan Kuranji.

Menurut Wali Kota Hendri Septa, tradisi malamang atau membuat lamang (lemang) ini harus selalu dilestarikan selaku tradisi budaya yang telah berlangsung sejak ratusan tahun silam secara turun temurun sampai sekarang.

Seperti diketahui, malamang atau memasak lemang terbuat dari penggabungan antara beras ketan putih dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu beralas daun pisang. Cara memasaknya dengan mendirikan batang bambu lemang di atas tungku khusus pembakaran. Rasanya sangat enak dan memiliki ciri khas tersendiri.

Kebiasaan membuat makanan kaya gizi ini pun sering dilakukan saat acara-acara penting, seperti mau masuk bulan Ramadan atau Lebaran, Maulid Nabi, pengangkatan penghulu adat dan acara besar lainnya.

“Kita tentu berharap, tradisi malamang selalu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda meskipun seiring terjadinya perkembangan zaman,” ungkap Wako Hendri Septa saat membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang juga berharap acara malamang terus digelar, baik dalam bentuk event kebersamaan atau pun festival di Kota Padang.

“Kita tahu dalam proses malamang ini melihatkan kebersamaan dan kekompakan para kaum ibu yang saling membantu satu sama lainnya. Jadi inilah poin pentingnya, karena dengan malamang silaturrahim sesama kita juga dapat terjaga dengan baik,” pungkas Wako Padang mengakhiri.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir Camat Kuranji Yandra bersama Lurah se-Kecamatan Kuranji, Ketua LKAAM Kuranji Hendri Yazid beserta jajaran, Ketua Mande Rubiah LKAAM Kuranji Mursida beserta anggota dan elemen masyarakat kecamatan setempat. Selain itu juga hadir tokoh muda Kota Padang Mory Dean Asli Chaidir yang ikut mensupport acara tersebut.

(prokopim)

Kami Hadir di Google News