Berita

Hebat! Unand Juara II Kompetisi Asset Manager Kemenkeu RI

82
×

Hebat! Unand Juara II Kompetisi Asset Manager Kemenkeu RI

Sebarkan artikel ini
Unand Juara II Kompetisi Asset Manager Kompetisi Asset Manager

mjnews.id – Universitas Andalas (Unand) meraih juara II dalam kompetisi asset manager yang diselenggarakan oleh Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Adapun utusan Unand yang mengikuti kompetisi ini, yaitu Haryanti, Staf Kasubag Kerjasama dalam Negeri dan Zaiful Netra, Kasubag Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran.

Dua orang utusan Unand ini mengaku bangga sudah berhasil membawa Unand mendapat juara pada kompetisi tersebut.

Diketahui, perhelatan ini diikuti 58 tim yang terbagi ke dalam dua kategori, pertama adalah kategori Maestro untuk kementerian/lembaga (K/L), BLU non Kawasan, dan Pemda, sedangkan kategori kedua adalah kategori Master untuk BUMN dan BLU Kawasan yang bertujuan untuk mencari pengelola aset negara yang memiliki semangat dan kemampuan eksekusi tinggi dalam mengoptimalisasi aset.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir pada Grand Final The Asset Manager 2020 di Jakarta, mengatakan pentingnya menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki keresahan, aset negara harus bisa memberikan nilai tambah.

“Butuh seorang manajer atau kelompok manajer yang memiliki ide kreatif, memiliki ide inovatif, yang selalu berpikir kritis tapi produktif,” ujarnya, Selasa (24/11/2020).

Optimalisasi aset negara harus ada di DNA seluruh para manajer asset, tidak hanya yang ada di Kementerian Keuangan, tapi juga semua lembaga baik (K/L), pemerintah daerah (Pemda), Badan Layanan Umum (BLU), dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Asset manager harus peka terhadap perubahan, peka melihat kesempatan, peka terhadap risiko, dan kemudian mengkombinasikan ke dalam sebuah formula manajemen aset yang memberikan nilai terbaik dan tertinggi bagi negara atau bagi masyarakat,” jelasnya.

Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, ia meminta kepada para manajer aset untuk berinovasi, berkolaborasi, menjadi lebih jeli dan kreatif dalam menciptakan kesempatan maupun cara-cara baru pengelolaan aset, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi.

“Teknologi menjadi salah satu yang bisa kita manfaatkan untuk makin menciptakan kreatifitas maupun di dalam mengelola, memonitor, memelihara, dan mengetahui kualitas aset kita,” lanjut Sri.

Melalui kompetisi ini, dirinya berharap akan muncul semangat untuk saling memberikan ide serta menularkan kreativitas dan elemen positif kepada seluruh manajer aset di Indonesia.

Senada dengan itu, Rektor Unand, Prof. Yuliandri mengucapkan selamat atas capaian prestasi tersebut.

(eds)

Kami Hadir di Google News