BeritaPendidikan

Menuntut Ilmu di 5 Universitas Ini, Lulusannya Bisa Berkiprah di BUMN

26
×

Menuntut Ilmu di 5 Universitas Ini, Lulusannya Bisa Berkiprah di BUMN

Sebarkan artikel ini
Universitas Pertamina
Universitas Pertamina. (f/humas)

Mjnews.id – Meniti karir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih banyak diminati, karena dianggap menjanjikan dan prestisius.

Menurut Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, pada Rekrutmen Bersama BUMN 2023, sebanyak 2 juta orang mendaftar untuk memperebutkan 2.000 posisi yang tersedia.

Sengitnya persaingan bekerja di perusahaan negara, menuntut kandidat untuk memiliki kesiapan yang matang. Penyiapan sejak perguruan tinggi, juga mempengaruhi tingkat keberhasilan kandidat.

Perguruan tinggi yang dinaungi BUMN, membuka peluang lebih bagi mahasiswanya mengembangkan skill dan beradaptasi dalam lingkup BUMN.

Berikut deretan 5 perguruan tinggi aliansi BUMN, yang alumninya berkarir di perusahaan plat merah:

1. Universitas Pertamina (UPER)

UPER berdiri sejak tahun 2016 di bawah naungan PT Pertamina (Persero) yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kampus ini berfokus di bidang bisnis dan teknologi berorientasi energi. Tak heran, meski tidak memiliki ikatan dinas, banyak lulusannya berhasil tembus di Pertamina grup.

Memiliki 6 fakultas dan 15 program studi dengan akreditasi Unggul dan Baik Sekali, kurikulum di UPER dirancang untuk menghasilkan lulusan yang ‘link and match’ dengan kebutuhan industri. Mengusung beragam peminatan diantaranya bidang energi baru terbarukan, artificial intelligence dan sustainability, membuat hampir 200 alumninya menduduki berbagai posisi di Pertamina Grup.

Sebut saja Firdaus Jihad Mu’arif. Alumni Teknik Mesin UPER angkatan 2018, kini meniti karir di PT Pertamina Hulu Energi (Subholding Upstream). Jihad ditempatkan pada Fungsi Reliability, Availability, Maintainability (RAM), sebagai Sr. Technician Rotating.

“Saya masuk melalui jalur College Shopping atau dikenal dengan BPS (Bimbingan Profesi Sarjana). Banyak seleksi yang saya lalui, mulai dari seleksi kelengkapan berkas, online assessment, wawancara dan medical check up, hingga akhirnya lolos dan dilakukan yudisium. Dukungan kampus berperan besar dalam menyiapkan saya berkompetisi di rekrutmen Pertamina, melatih keterampilan hingga membentuk cara berpikir,” jelas Jihad.

Tumbuh dalam bagian Pertamina Grup, memberi kesempatan bagi para lulusan untuk dapat berkarir di perusahaan minyak dan gas nasional tersebut melalui program Lulusan Merah Putih.

“Program Lulusan Merah Putih menyiapkan lulusan terbaik untuk membangun karir di Pertamina grup. Dimentori oleh pekerja Pertamina, 100 talenta lulusan terbaik UPER berkompetisi merebutkan 45 posisi di Pertamina grup,” jelas Rektor UPER, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, MS.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik, dapat mengakses informasi selengkapnya melalui https://pmb.universitaspertamina.ac.id/

Kami Hadir di Google News