BeritaBaznasJawa Barat

BAZNAS Kabupaten Cirebon Optimalkan Pengumpulan Zakat Fitrah, Segini Nilainya

127
×

BAZNAS Kabupaten Cirebon Optimalkan Pengumpulan Zakat Fitrah, Segini Nilainya

Sebarkan artikel ini
BAZNAS) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggelar Sosialisasi Zakat Fitrah
BAZNAS) Kabupaten Cirebon, menggelar Sosialisasi Zakat Fitrah. (f/ist)

Mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menggelar Sosialisasi Zakat Fitrah bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan dan Relawan se-Kabupaten Cirebon.

Kegiatan sosialisasi ini digelar di Kantor BAZNAS Kabupaten Cirebon dan dihadiri langsung oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Kabupaten Cirebon, H. Iik Ahmad Ri’fai, serta diikuti oleh pengurus UPZ Kecamatan se Kabupaten Cirebon, Selasa 27 Februari 2024.

Kabag Kesra H. Iik Ahmad Ri’fai, mengatakan, kegiatan sosialisasi digelar untuk mengoptimalkan pengumpulan zakat fitrah tahun 2024.

Karena itu, kata dia, kerja sama antara Pemerintah Daerah, BAZNAS Kabupaten Cirebon dan UPZ Kecamatan perlu ditingkatkan.

“Sebab apa yang dikumpulkan oleh BAZNAS Kabupaten Cirebon akan disalurkan seluruhnya kepada masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kabupaten Cirebon H Ahmad Zaeni Dahlan LC, M. Phil, M.Si mengatakan bahwa nilai Zakat Fitrah BAZNAS Kabupaten Cirebon tahun 2024 ini diputuskan sebesar 2,5 Kg beras atau jika diuangkan Rp40 Ribu.

“Kita tahun ini menetapkan zakat fitrah kalau dalam bentuk beras 2,5 kilogram atau sebesar 40 ribu rupiah dan ini sudah mendapatkan kesepakatan dari MUI,” papar Kiai Ahmad.

Kiai Ahmad menambahkan, pihaknya sudah menyebarkan surat ajakan kepada masyarakat Kabupaten Cirebon untuk memberikan zakat fitrahnya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon.

Menurut Kiai Ahmad, surat ajakan membayar zakat fitrah melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon juga sudah mendapatkan persetujuan dari Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua BAZNAS Kabupaten Cirebon Bidang Pengumpulan dan Penghimpunan Abdullah Mi’roj S. Sy mengatakan sosialisasi digelar dengan tujuan agar masyarakat paham dan sadar tentang kewajiban zakat fitrah.

Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan tim relawan untuk membantu pengurus UPZ Kecamatan dalam menghimpun zakat fitrah.

“Oleh karena itu, kami menerjunkan relawan untuk membantu UPZ,” ucapnya.

“Kita semua bahu membahu, barangkali melalui jalan zakat ini kita mendapatkan surganya Allah SWT,” imbuhnya.

(*)

Kami Hadir di Google News