BeritaLampungWay Kanan

Ratusan Orang Mendaftar di Hari Pertama Rekrutmen Pengawas TPS Bawaslu Way Kanan

334
×

Ratusan Orang Mendaftar di Hari Pertama Rekrutmen Pengawas TPS Bawaslu Way Kanan

Sebarkan artikel ini
Rekrutmen Pengawas TPS Bawaslu Way kanan
Rekrutmen Pengawas TPS Bawaslu Way Kanan, Lampung. (f/ist)

Mjnews.id – Sesuai dengan Jadwal perekrutan calon pengawas TPS (tempat pemungutan suara) yaitu 2-6 Januari 2024, maka hari ini merupakan hari pertama pendaftaran Calon PTPS untuk Pemilu tahun 2024.

Hal serupa terjadi di 15 Sekretariat Panwascam di Kabupaten Way Kanan. Mereka memulai tahapan penyerahan berkas dan juga wawancara bagi calon pengawas TPS sebagaimana diungkap Sigit Dwi Suwardi selaku Kordiv SDMO Bawaslu Way Kanan, Selasa (2/1/2024).

“Ya setelah tahap sosialisasi maka hari ini merupakan hari pertama pendaftaran dan penerimaan berkas calon PTPS di masing-masing Sekretariat Panwascam yang ada di Kabupaten Way Kanan untuk melengkapi jajaran pengawas Pemilu tahun 2024 sampai tingkat TPS,” ungkap Sigit Dwi Suwardi.

Bagi para pendaftar yang berkasnya dinyatakan lengkap oleh panitia, dapat juga melakukan tahap selanjutnya berupa wawancara.

“Berkas pendaftaran yang dinyatakan lengkap dan tidak terdaftar di dalam Sipol dapat lanjut ke tahap wawancara oleh Panwascam atau pun dihari selanjutnya karena tahap wawancara berlangsung sejak tanggal 2-17 Januari 2024,” tambah Sigit Dwi Suwardi.

Antusias masyarakat Kabupaten Way Kanan untuk terlibat dalam proses Pemilu 2024 sebagai pengawas TPS cukup tinggi, hal tersebut dapat diketahui dari banyaknya pendaftar di hari pertama ini dengan jumlah 274 pendaftar calon PTPS.

Ketua Bawaslu Way Kanan (Sukindra) melakukan monitoring pendaftaran calon PTPS di Kecamatan Bumi Agung yang didominasi oleh kaum perempuan.

“Rekruitmen calon Pengawas TPS ini dilakukan oleh Panwascam bersama PKD, kami baik Bawaslu Kabupaten maupun provinsi hanya melakukan monitoring yang bertujuan memastikan semua tahapan rekruitmen dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku”. Jelas Sukindra.

Di Kecamatan Bumi Agung Way Kanan hari ini terdapat 17 pelamar calon PTPS dengan keterangan 7 lelaki dan 10 perempuan.

“Lebih banyak pelamar perempuan dari lelaki pada hari pertama pendaftaran ini, ya mudah-mudahan pelamar akan lebih banyak mengingat waktu pendaftaran masih sampai 6 Januari 2024 nanti”. Tutup Sukindra.

Kami Hadir di Google News