Berita

Ingatkan Rawan Bencana, Plt Bupati Erman Rahman Tinggalkan Tanah Datar

61
×

Ingatkan Rawan Bencana, Plt Bupati Erman Rahman Tinggalkan Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Erman Rahman Tinggalkan Tanah Datar
Pjs. Bupati Tanah Datar, Erman Rahman menyerahkan memori akhir jabatannya kepada Plt. Bupati Zuldafri Darma, pada prosesi serah terima jabatan di Gedung Indojolito Batusangkar. (Musriadi Musanif)

mjnews.id – Setelah 71 hari menjalankan roda Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar, dalam kapasitasnya selaku penjabat sementara bupati, Minggu (6/12/2020) malam, Erman Rahman dilepas tinggalkan kabupaten berjuluk Luak Nan Tuo kembali menunaikan tugasnya selaku pejabat di lingkup Pemprov Sumbar.

Pada kesempatan itu, Erman melakukan serah terima jabatan dengan H. Zuldafri Darma selaku pelaksana tugas (plt) bupati, setelah selesai cuti di luar tanggungan negara dalam rangka kampanye pemilihan kepala daerah.

“Belum banyak yang bisa kami perbuat, tapi amanah jabatan itu tetap saya tunaikan dengan sebaik-baiknya. Semuanya tentu tak terlepas dari kerjasama dan dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), masyarakat, dan semua elemen terkait,” kata Erman yang merupakan kepala pelaksana BPBD Provinsi Sumbar.

Dikatakan, beberapa hal penting yang sudah dilakukan di antaranya menjalankan roda pemerintahan seperti pelayanan publik, menjaga ketentraman dan keamanan, menyukseskan tahapan pemilihan kepala daerah, menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah APBD, dan penanganan Covid-19.

Setelah berpamitan dan menyampaikan terima kasih, Erman mengingatkan, Tanah Datar merupakan salah satu daerah yang rawan bencana. Dia berharap, semua usaha terkait dengan rencana penanganan bencana itu dapat dilanjutkan pejabat selanjutnya, termasuk upaya mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menanggulangi dan mengantisipasi bencana.

Zuldafri pada kesempatan itu mengatakan, kendati hanya berlangsung sekitar 71 hari, namun sudah banyak hal yang dilakukan Erman untuk kemajuan Tanah Datar. Untuk itu, dia menyampaikan terima kasih atas darma bakti itu.

“Ada momen penting dan bersejarah telah ditorehkan Pak Rahman selama menjabat, di antaranya penyelesaian Perda Perubahan APBD 2020, APBD Tanah Datar 2021, dan deretan penghargaan,” katanya.

Terkait dengan usaha yang dilakukan Erman untuk mendapatkan bantuan dari BNPB, Zuldafri menyebut, hal itu akan tetap ditindaklanjutinya dan meminta OPD terkait senantiasa berkoordinasi dengan Erman, sehingga bantuan itu nanti bisa didapat Tanah Datar dan bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Staf Ahli Gubernur Sumbar Muhammad Yani mengatakan, sesuai dengan amanah tugas yang diberikan Gubernur Irwan Prayitno, sesungguhnya Erman telah berhasil melaksanakan dengan baik, kendati dalam waktu yang sangat singkat.

“Bila dilihat dari hasil kerjanya, tentu sangat tepat beliau mengemban tugas tersebut, apalagi dalam kapasitasnya selaku kepala BPBD, jelas sangat tepat dengan kondisi Tanah Datar yang disebut-sebut rawan bencana tersebut,” ujarnya.

Pisah sambut yang berlangsung pada malam hari di Gedung Indojolito Batusangkar itu, turut dihadiri sejumlah pimpinan Forkopimda dan OPD, camat, dan beberapa undangan lainnya.

(Musriadi Musanif)

Kami Hadir di Google News