Berita

Ciptakan Wilayah Bebas Korupsi, Pemko Sawahlunto Perluas Zona Integritas

79
×

Ciptakan Wilayah Bebas Korupsi, Pemko Sawahlunto Perluas Zona Integritas

Sebarkan artikel ini
pemko sawahlunto perluas zona integritas

MJNews.id – Pemerintah Kota Sawahlunto memperluas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masuk zona integritas di 2021. Di tahun lalu, ada 6 OPD yang masuk zona integritas. 

“Kita inginkan OPD yang masuk zona integritas bertambah di tahun ini,” kata Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Jumat (26/2/2021). 

Dikatakannya, OPD yang sudah di zona integritas tahap dua, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Kesehatan Kota, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, RSUD. 

Kata Wawako, di tahap dua ini survei indikator persepsi anti korupsi dalam pelayanan publik. Sedangkan yang sudah di tahap empat atau desk evaluasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Kesehatan Kota. 

“Zona integritas ini muaranya menciptakan wilayah bebas korupsi. Hal ini sesuai pula dengan visi dan misi Pemko Sawahlunto, yakni menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih dan inovatif. Kita imbau agar OPD serius dan punya komitmen mewujudkannya,” ujar Zohirin. 

Inspektur Kota Sawahlunto, Isnedi, mengemukakan, di 2020 Sawahlunto berada di 161 kabupaten/kota yang lolos seleksi penilaian integritas menuju wilayah bebas korupsi pada 6 OPD. 

“Indikator perubahan yang dinilai, manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas dan peningkatan kualitas publik,” tutur Isnedi.

(rfd)

Kami Hadir di Google News