Berita

Peduli Sesama, Camat Payakumbuh Timur Luncurkan Program Berbagi

94
×

Peduli Sesama, Camat Payakumbuh Timur Luncurkan Program Berbagi

Sebarkan artikel ini
program berbagi payakumbuh timur
Camat Payakumbuh Timur, Irwan Suwandi bersama jajaran serta Kabid Humas Pemko Payakumbuh Aulia Fajrin, menerima sumbangan dari donatur di kantor camat setempat, Kamis 15 April 2021. (ist)

MJNews.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam, di mana mereka berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Mengawali bulan Ramadhan 1442 Hijriah ini, Kecamatan Payakumbuh Timur membuat sebuah program berbagi kepada sesama. Program itu memang diluncurkan untuk membantu kaum yang serba memiliki keterbatasan. Program itu memang dikonsep untuk berkelanjutan. Sehingga membantu mereka yang membutuhkan tidak hanya pada waktu tertentu saja.

Camat Payakumbuh Timur, Irwan Suwandi didampingi Sekcam Prima Yudhya Nirmala, Kasi Kesos Rinaldo Van Thamrin, Kasubag Umum Refliza Sulaiman dan Kasi Ekbang Gusmardi Tanjung, kepada wartawan, Kamis 15 April 2021, mengatakan, program ini merupakan kesepakatan ASN di Kecamatan Payakumbuh Timur untuk saling berbagi dengan sesama.

“Program ini sengaja kita lahirkan agar mudah diingat masyarakat. Ketika disosialisasikan nanti, masyarakat bisa mengetahui bahwa program ini adalah program berbagi kepada sesama,” ujarnya, di saat bersamaan juga didampingi Kabid Kehumasan Aulia Fajrin, di kantor camat setempat.

Menurutnya, dasar kenapa program ini diluncurkan adalah rasa kebersamaan yang dijalin oleh masyarakat Payakumbuh Timur khususnya, untuk berbagi dengan sesama di bulan suci Ramadhan ini. Apalagi menjelang Lebaran mendatang, segala kebutuhan pokok sudah pasti meningkat. Tidak terkecuali dengan kebutuhan mengganti pakaian, yang sudah menjadi tradisi di masyarakat.

“Awalnya program ini terbersit dari bincang-bincang di kantor. Dimana semua ASN sebelum lebaran ini pasti membeli baju baru atau baju Lebaran. Nah setiap tahun pola itu terus berulang, sehingga di dalam lemari pakaian sudah banyak pakaian yang menumpuk dan tidak terpakai. Oleh karena itu, terpikirkan oleh ASN ini untuk mengumpulkan pakaian yang baru dan tak terpakai itu. Dan pakaian yang terkumpulkan itu nantinya akan dibagikan kepada mereka-mereka yang membutuhkan,” tambahnya.

Dikatakan, program ini akan menjadi sumber daya bagi Camat Payakumbuh Timur untuk dapat menyumbangkan baju layak pakai kepada masyarakat yang tidak mampu. Dimana, natinya di kantor camat akan dibuatkan galeri yang bisa dilihat oleh semua donatur sehingga betul-betul bisa dipertanggung jawabkan dan bisa berkelanjutan.

“Program ini adalah program baru yang dibuka awal bulan Ramadhan di Kecamatan Payakumbuh Timur. Dan akan dijadikan program yang berkelanjutan untuk mensejahterakan masyarakat. Siapapun boleh menyumbang untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, karena pakaian merupakan sebuah kebutuhan pokok,” katanya.

Selain itu disampaikan, donasi yang diterima tidak hanya dari ASN saja tapi juga terbuka untuk masyarakat yang mampu lainnya. Sampai saat ini sudah banyak donatur yang peduli dengan banyak latar belakang. Bahkan dari media massa yang peduli juga sudah ada yang menyatakan kesanggupan untuk berbagi.

“Kita di sini juga menggugah kalau ada pihak-pihak yang lain yang ingin untuk berdonasi, akan diterima dengan tangan terbuka. Baik dari organisasi maupun perorangan atau ingin melakukan program yang sama juga kami persilahkan. Karena kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk saling berbagai dengan mereka yang membutuhkan. Apalagi di masa yang serba sulit seperti sekarang ini, dimana pandemi Covid-19 masih belum hilang. Yang memukul segala sektor dan sektor ekonomi merupakan dampak yang paling parah merasakannya. Jangankan untuk berjalan-jalan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat sulit. Mari kita sama-sama untuk membantu dan berikan apa yang kita punya untuk mereka yang tidak berpunya,” pungkasnya.

(jrm/yud)

Kami Hadir di Google News