Berita

Pelantikan Bupati Solok Epyardi Asda – Jon Pandu Dihadiri Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan

84
×

Pelantikan Bupati Solok Epyardi Asda – Jon Pandu Dihadiri Ketum DPP PAN Zulkifli Hasan

Sebarkan artikel ini
Epyardi Asda Jon Pandu dilantik
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah saat melantik Bupati Solok Epyardi Asda – Jon Pandu.

MJNews.id – Pelantikan H. Epyardi Asda, M.Mar dan Jon Firman Pandu, SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Solok masa jabatan 2021-2024 oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah bertempat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Senin 26 April 2021, berlangsung sukses dan semarak.

Bahkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum DPP PAN langsung sengaja datang ke Padang, guna menghadiri dan menyaksikan sahabatnya Epyardi yang juga merupakan salah seorang Wakil Ketua DPP PAN tersebut. Tidak terkecuali kehadiran putri tercintanya, yang juga duduk sebagai anggota DPR RI yaitu Athari Gauthi Ardi, serta Guspardi Gaus yang juga anggota DPR Ri dari fraksi lambing matahari bersinar ini.

Dalam prosesi acara yang sangat disiplin Protokol Kesehatan ini, bersamaan juga dilantik Bupati Solok Selatan Khairunnas dan Yulian Efi.

Terlihat sejumlah pejabat negara, seperti Gubernur bersama tim penggerak PKK provinsi Sumatera Barat, Wakil Gubernur, Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Provinsi Sumatera barat, Bupati/Walikota se-Sumatera Barat beserta tim penggerak PKK, Ketua Bawaslu dan KPU yang telah menyukseskan jalannya pesta demokrasi pada masing-masing daerah.

Pelantikan diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), pengambilan Sumpah jabatan, penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pakta Integritas sekaligus pemasangan tanda jabatan Bupati dan Wakil Bupati.

Secara bersamaan, setelah Gubernur melaksanakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih, ketua Tim penggerak PKK provinsi Sumatera barat Ny. Harneli Mahyeldi juga melakukan pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan kepada Ketua Tim penggerak PKK Kab. Solok dan Kab. Solok Selatan.

Gubernur Sumbar dalam amanatnya agar program visi dan misi yang diusung dapat seiring dan sejalan dengan visi dan misi pemerintahan provinsi dalam melaksanakan pembangunan daerah dan juga harus mempedomaninya agar terjadi singkronisasi dan harmonisasi dari daerah sampai ke pemerintah pusat. Implementasikan sesuai konteks dan kondisi daerah.

Lebih jauh Gubernur Mahyeldi yang juga dipanggilkan buya ini berpesan kuat, agar kedua pasangan Bupati dan wakil bupati untuk selalu menjaga keharmonisan dan harus mampu menjadi Dwi tunggal dengan saling memperkuat dan saling melengkapi karena kepala daerah dan wakil kepala daerah memiliki tugas wewenang yang berbeda. kewajiban dan hak diatur secara jelas dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan keduanya memiliki porsi dan tugas yang berbeda, oleh karena itu saya mengingatkan bahwa bupati dan wakil bupati harus saling memahami porsi tugas, wewenang, kewajiban dan hak masing-masing agar penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi stabil.

Sementara itu, Wakil ketia MPR RI Zulkifli Hasan dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Solok yang baru saja dilantik. Menurutnya Bupati dan Wakil Bupati terpilih harus tunduk dan patuh terhadap aturan dan undang-undang yang berlaku. Artinya kita harus melaksanakan visi berbangsa dan bernegara yakninya untuk bersatu untuk menuju kedaulatan dan berlaku adil sehingga keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang telah dicita-citakan bisa terwujud.

Kemudian selepas Zhuhur, bertempat di Gedung Solok Nan Indah Arosuka langsung digelar acara serah terima jabatan (Sertijab) Bupati Solok dari Pj.Bupati Solok Heri Noviardi ke Bupati Epyardi Asda dan Jon Pandu. 

Dengan dihadiri sejumlah anggota DPRD, Forkopimda dan untuk selanjutnya menjelang beduk berbuka puasa juga diselenggarakan pembekalan persiapan Tim Ramadhan Pemkab.Solok untuk tahun 1442 H / 2021 M.

(y/charln)

Kami Hadir di Google News