Berita

Lagi, 641 TKI Dipulangkan dari Malaysia Lewat Riau

81
×

Lagi, 641 TKI Dipulangkan dari Malaysia Lewat Riau

Sebarkan artikel ini
tanjung karimun

mjnews.id – Gelombang pemulangan TKI dari Malaysia masih terus berlanjut. Hari ini, terdapat 641 orang TKI dipulangkan lewat pelabuhan di Riau.

“Data yang kita terima hari ini ada dua lokasi pelabuhan pemulangan TKI. Satu pelabuhan di Dumai satu lagi pelabuhan di Kabupaten Meranti,” kata Kepala Kominfo Provinsi Riau, Chairul Riski, Jumat (27/3/2020).

Riski menjelaskan, gelombang pemulangan sebagian lewat pelabuhan Dumai sebanyak 61 orang. Mereka ini sebelumnya lebih dulu transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri.

Kemudian, terdapat 580 TKI yang dipulangkan lewat pelabuhan di Kabupaten Meranti. “Mereka ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh KKP di Tanjungbalai Karimun. Dari hasil pemeriksaan tim medis, para TKI dalam kondisi sehat dan belum terindikasi suspect corona,” kata Riski.

Para TKI ini, kata Riski, terdiri dari sejumlah provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari Riau, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar). Status para TKI ini masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) selama 14 hari ke depan.

“Diperkirakan hingga dua pekan ke depan masih ada pemulangan TKI lainnya. Mereka dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing,” kata Riski.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 21 TKI dari Malaysia sudah tiba di pelabuhan Dumai setelah transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri. Para TKI ini dilaporkan berasal dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Sumatera (Sumut), dan Aceh.

Para TKI itu kembali ke Tanah Air karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan ‘lockdown’ akibat pandemi COVID-19. (*)

Kami Hadir di Google News