Berita

Ombudsman RI Puji Inovasi Pelayanan Gagasan Walikota Pariaman

80
×

Ombudsman RI Puji Inovasi Pelayanan Gagasan Walikota Pariaman

Sebarkan artikel ini
ombudsman ri bersama genius umar
Ombudsman RI Puji Inovasi Pelayanan Gagasan Walikota Pariaman, Genius Umar. (humas)

Pariaman, MJNews.id – Anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika memberikan apresiasi dan memuji keberadaan Pusat Kuliner Pintar Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Ombudsman adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan kata sambutan dalam kunjungan kerjanya di Kota Pariaman, Selasa 18 Mei 2021 malam.

Program inovasi daerah Kota Pariaman, garapan Wako Pariaman Genius Umar itu dinilai mampu memberikan pelayanan lebih prima kepada masyarakat dengan konsep yang lebih menyenangkan, pasalnya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang siang harinya bekerja sehingga di waktu malam hari masih bisa mengurus perizinan sembari menikmati kuliner khas Pariaman yang memang begitu sangat enak dan menggugah selera.

“Inovasi Kuliner Pintar dengan adanya beberapa sektor pelayanan ini harus menjadi contoh daerah lain di Indonesia,” ujarnya di Pusat Kuliner Pintar Kota Pariaman di kawasan rumah Tabuik Pasa.

Ia menilai, konsep pelayanan disini benar-benar konsep pelayanan yang menyenangkan. Dan semakin mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

Yeka Hendra Fatika, ke Kota Pariaman juga didampingi Kepala Sekretariat perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yefri Heriani beserta jajaran juga ikut menyaksikan proses pelayanan di Pusat Kuliner Pintar Kota Pariaman, diantaranya pelayanan administrasi kependudukan seperti perubahan data pada KTP, pembuatan SIM dan lainnya.

Sementara itu, Wako Pariaman Genius Umar, sengaja menghadirkan konsep layanan masyarakat di Pusat Kuliner Pintar ini adalah sebuah bentuk pelayanan prima terhadap masyarakatnya di Kota Pariaman sembari tetap membantu para pedagang kecil dan pedagang kuliner dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan ikut berjualan di lokasi kuliner pintar tersebut.

Pusat Kuliner Pintar yang diresmikan pada Sabtu, 27 Maret 2021, buka setiap hari mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB, sehingga untuk bisa mendapatkan pelayanan administrasi masyarakat di Kota Pariaman tidak perlu meninggalkan rutinitas kerja.

Pusat Kuliner Pintar, lanjutnya, dicetus oleh Wako Pariaman sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, mendorong percepatan pemulihan ekonomi masa pamdemi melalui sektor UMKM dan ekonomi kreatif, serta menunjang tumbuh kembang sektor pariwisata daerah.

Selama kunjungan, anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika beserta rombongan juga dipertontonkan dengan sejumlah tari tradisional Kota Pariaman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Apresiasi MPP Kota Pariaman

Sebelumnya, Yeka Hendra Fatika bersama rombongan Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Barat melakukan peninjauan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Pariaman yang merupakan sebuah pusat pelayanan masyarakat yang berada di komplek kantor walikota lama. Peninjauan dilakukan Selasa 18 Mei 2021 malam.

Dalam kunjungan tersebut Yeka Hendra Fatika mengapresiasi kepada Pemko Pariaman, karena walapun memiliki anggaran kecil tapi bisa membuat MPP. Sementara untuk Provinsi Sumbar baru ada 3 (tiga) MPP daerah kabupaten/kota.

“Suatu harapan besar bagi kami untuk bisa memperbaiki pelayanan publik di Kota Pariaman. Ini kami lakukan karena kami lihat Pemerintah Kota Pariaman terus melakukan pelayanan yang dekat dengan masyarakat. Sekarang di lokasi Kuliner Pintar di Rumah Tabuik Pasa juga ada pelayanan publik seperti Samsat, SIM keliling, Catatan Sipil, dll. Ini merupakan langkah baik Pemko Pariaman dalam mewujudkan pelayanan lebih dekat dengan masyarakat,“ ungkapnya.

Semua keluhan masyarakat harus ditanggapi cepat dan serius sehingga pelayanan bisa terus meningkat. Pelayanan dasar seperti kesehatan menjadi pelayanan publik yang wajib bagi Pemerintah daerah.

“Semoga MPP Kota Pariaman dapat terus berkembang sehingga semua kebutuhan masyarakat Kota Pariaman bisa dilayani dalam satu pintu. Kami Ombusdman RI akan selalu memberikan dukungan untuk kemajuan pelayanan publik Kota Pariaman. Tingkatkan sosialisasi kepada masyarakat sehingga semua lapisan masyarakat mengetahui keberadaan MPP ini,“ ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman usai menerima kunjungan anggota Ombudsman RI dan rombongan mengatakan bahwa sampai saat ini Pemko Pariaman masih terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dalam segala hal untuk masyarakat Kota Pariaman.  

“Mendirikan MPP merupakan sebuah wujud nyata Pemko Pariaman untuk melayani masyarakat Kota Pariaman. Pembangun MPP juga bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan perizinan,“ ungkapnya.

“Dengan adanya kunjungan dan dukungan Ombudsman RI, Pemko Pariaman akan lebih bersemangat dalam mengelola MPP dan akan berupaya memajukan MPP di Kota Pariaman untuk Kota Pariaman lebih baik lagi,“ tutupnya.

(hms/aa) 

Kami Hadir di Google News