Berita

Walikota Solok Buka Pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi

67
×

Walikota Solok Buka Pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi
Pelatihan Kualitas Kelembagaan Koperasi di Kota Solok. (humas)

SOLOK KOTA, MJNews.ID – Wali Kota H. Zul Elfian Umar membuka pelatihan kualitas kelembagaan koperasi yang diikuti pengurus koperasi se Kota Solok, bertempat di aula Hotel Taufina, Rabu 16 Juni 2021.

Acara ini dihadiri oleh Kadis Perdagangan dan Koperasi dan UKM Kota Solok, Narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutannya, Wako mengajak seluruh pengurus koperasi di Kota Solok harus mampu ikut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini. “Dalam rangka peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Solok pada saat ini, peran strategis koperasi sangat menentukan terutama ketika negara kita masih dilanda pandemi Covid-19,” ungkap Wako.

“Koperasi akan mampu menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh apabila memiliki organisasi, manajemen, pengelolaan keuangan dan usaha yang sehat serta mandiri,” tambah Zul Elfian Umar.

Pelatihan penguatan kapasitas kelembagaan koperasi merupakan salah satu upaya nyata untuk meningkatkan penataan, pengontrolan dan pengendalian pencatatan laporan keuangan yang mengacu pada anggaran dasar, anggaran rumah tangga, SOP dan peraturan khusus.

Wako juga berpesan agar kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan pengadministrasian pencatatan keuangan yang tertib dan terarah sesuai dengan aturan akuntansi koperasi yang berpola, sehingga dengan adanya manajemen pengelolaan administrasi yang dilakukan dengan baik, maka peningkatan dan pengembangan keberadaan koperasi akan mudah untuk dicapai.

“Kami berharap melalui kegiatan pelatihan ini, peserta nantinya akan mampu membenahi kelembagaan koperasi terutama bagi pengurus yang harus mengambil langkah cepat dalam penyusunan anggaran rumah tangga, SOP, persus dan izin usaha koperasi. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi, baik untuk intern koperasi itu sendiri maupun bagi pemerintah daerah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pembinaan lebih lanjut,” ucap Wako.

Wako juga berharap setelah mengikuti pelatihan wawasan, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola koperasi akan semakin meningkat sehingga koperasi di Kota Solok bisa tumbuh dan berkembang secara sehat.

(zal) 

Kami Hadir di Google News