Berita

Motor Pintar Posyantek Petir Duo Koto Diapresiasi Dinas Pertanian

84
×

Motor Pintar Posyantek Petir Duo Koto Diapresiasi Dinas Pertanian

Sebarkan artikel ini
Motor Pintar Posyantek Petir Duo Koto
Motor Pintar Posyantek Petir Duo Koto Diapresiasi Dinas Pertanian Kabupaten Agam.

AGAM, MJNews.ID – Dinilai banyak membantu petani dalam mengatasi persoalan pertanian, Dinas Pertanian (Distan) Agam apresiasi Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Petir Nagari Duo Koto dengan inovasi motor pintar.
Kepala Distan Agam, Ir. Arif Restu, Senin 21 Juni 2021, di Lubuk Basung menuturkan, inovasi Posyantek Petir Nagari Duo Koto layak mendapat apresiasi.
Menurutnya, inovasi tersebut dapat mengatasi persoalan petani, khususnya untuk pengairan areal pertanian.
“Kami dari dinas pertanian menilai inovasi motor pintar ini dapat membantu petani dalam urusan mengairi lahan pertanian masyarakat,” ujarnya.
Lebih lanjut disampaikan, pemberian penghargaan tersebut guna mendongkrak semangat masyarakat untuk terus mengembangkan teknologi tepat guna, khususnya di sektor pertanian.
Bahkan pihaknya berharap, inovasi serupa dapat dicontoh oleh masyarakat di nagari-nagari lainnya.
“Semoga ini dapat ditiru oleh masyarakat di nagari lain. Karena teknologi tepat guna semacam ini sangat dibutuhkan dalam usaha memajukan sektor pertanian,” kata Ir. Arief Restu.
Sementara itu, Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri menuturkan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk perhatian Distan Agam terhadap inovasi yang dikembangkan oleh masyarakatnya.
Menurutnya, penghargaan tersebut dapat memacu semangat Posyantek Petir untuk terus berkarya menciptakan dan memodifikasi alat untuk membantu kebutuhan warga
“Atas apresiasi yang diberikan, kami sangat berterima kasih karena ini merupakan penyemangat untuk terus berkarya,” tuturnya.
Dijelaskan lebih jauh, motor pintar Posyantek Petir merupakan sepeda motor roda tiga yang dimodifikasi sedemikan rupa sehingga bisa menjadi teknologi tepat guna.
Adapun fungsi motor pintar antara lain untuk pemadam kebakaran (damkar), membatu mengairi lahan pertanian dan membersihkan material bekas banjir atau longsor serta bencana alam lainnya.
“Ini merupakan karya Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Petir, Nagari Duo Koto, dengan inovatornya Hendra Syafri M.PD.T. Disamping bermanfaat untuk membantu warga dalam penanggulangan bencana, motor pintar ini dirasakan sangat bermanfaat bagi petani untuk mengairi sawah dan kolam bibit ikannya,” jelas Joni Safri.
Sejak dilaunching 26 Agustus 2020 lalu, imbuhnya, motor yang saat ini diopersionalkan oleh Tim Komunitas Masyarakat Peduli Api (KMPA) Nagari Duo Koto ini telah berberapa kali turun membantu warga dalam menangani bencana yang terjadi, seperti longsor di Nagari Duo Koto yang terjadi (4/9/2020) dan kebakaran yang menghanguskan 7 bangunan di Pasar Maninjau pada (18/9/2020).
Untuk meningkatkan pelayanan dalam membantu masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya, Nagari Duo Koto, maka dibentuk Komunitas Masyarakat Peduli Api (KMPA) sekaligus posko damkar yang siap terjun ke lapangan bila musibah kebakaran atau bencana lainnya menimpa di seputaran Danau Maninjau.
Posko Komunitas MPA ini, kata Joni Safri, sengaja didirikan di pinggir jalan Raya Bukittinggi-Lubuk Basung tepatnya di Jorong Pasar Ahad (dekat Puskesmas Pasar Ahad), agar memudahkan mobilisasi bila bencana terjadi.
Ditambahkan bagi masyarakat yang ingin melaporkan kejadian kebakaran, bencana atau bagi warga yang membutuhkan bantuan, dapat menghubungi Nomor HP 082178549013, 081267334959 dan 082169145565.
“Nomor tersebut standby 24 jam melayani laporan masyarakat via telpon, SMS maupun Whatsap,” ujar Joni Safri.
(edy)

Kami Hadir di Google News