Berita

Warga Gotong Royong Perdana Bersihkan Kawasan Danau Maninjau

91
×

Warga Gotong Royong Perdana Bersihkan Kawasan Danau Maninjau

Sebarkan artikel ini
Gotong Royong Bersihkan Kawasan Danau Maninjau
Ratusan warga Salingka Danau Maninjau melaksanakan gotong-royong perdana membersihkan kawasan Danau Maninjau, Kamis 8 Juli 2021.

Lubuk Basung, MJNews.ID – Ratusan warga Salingka Danau Maninjau melaksanakan gotong-royong (goro) perdana membersihkan kawasan Danau Maninjau, Kamis 8 Juli 2021.
Sekretaris Asosiasi Petani, Pedagang Ikan Salingka Danau Maninjau (AP2ISDM), Reflismen, menjelaskan, sedikitnya seratusan warga Salingka Danau Maninjau melaksanakan goro membersihkan lokasi Danau Maninjau.
“Sedikitnya sebanyak 8 keramba jaring apung (KJA) yang rusak diangkat ke permukaan danau,” katanya.
Sampah dan enceng gondok yang bertebaran di sekitar Danau Maninjau dan sedimen lainnya juga ikut dibersihkan. Hal ini bagian dari program masyarakat Salingka Danau Maninjau berpartisipasi dalam proses pembersihan material yang mengotori danau selama ini.
Diharapkan dengan tingginya animo masyarakat membersihkan kawasan Danau Maninjau turut mendukung program pemerintah dalam pembersihan dari sampah dan sedimen lainnya di danau tersebut.
Selain itu, pihaknya bersama petani dan pedagang KJA lainnya siap menjalankan program pembersihan danau secara berkelanjutan di tiap nagari di Salingka Danau Maninjau.
“Direncanakan program pembersihan yang sama dilakukan goro di kawasan danau di Nagari Koto Gadang, Kamis (15/7) mendatang,” katanya.
Program lainnya mendukung pengalihan usaha masyarakat dari berkeramba ikan di KJA di danau ke perikanan darat. Tentunya hal ini dilakukan pembinaan dan sosialisasi program tersebut kepada masyarakat di sana.
“Pada dasarnya, masyarakat mendukung program yang dilakukan dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat lebih maju dan berkembang. Jika pengalihan usaha tersebut tidak berdampak peningkatan ekonomi, maka sebaiknya usaha yang dilakukan saat ini didukung pemerintah,” katanya.
Dan antara pemerintah dengan masyarakat KJA dapat seiring sejalan dalam menjadikan kawasan Danau Maninjau menjadi ekonomi. Setidaknya, dari program yang dilakukan mendukung usaha masyarakat semakin berkembang, kawasan Danau Maninjau dapat mendukung program pariwisata dan program ekonomi lainnya.
(emg)

Kami Hadir di Google News