Berita

Wow! Bunga Bangkai Muncul di Kampung Akat Pessel

70
×

Wow! Bunga Bangkai Muncul di Kampung Akat Pessel

Sebarkan artikel ini
Bunga bangkai di Kampung Akat
Bunga bangkai yang ditemukan warga di peladangan masyarakat, Kampung Akat, Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. (ist)

mjnews.id – Kampung Akat Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan (Pessel) gempar. Pasalnya ditemukan bunga bangkai raksasa oleh warga di areal peladangan. Bunga itu kini terlihat tumbuh mekar. 

Menurut keterangan warga, bunga raksasa dengan nama latin amorphophallus titanum terpantau mekar, sejak Jumat (25/12/2020) sore. Kondisi yang awalnya kuncup, kini tampak sudah menjawab rasa penasaran warga yang sempat ragu.

“Kembangnya kemarin pukul 15.00 WIB. Setelah kondisinya mekar. Saat ini, rasa penasaran kami sudah terjawab,” ungkap Indrianto (30) salah seorang pemuda penjaga bunga raksasa itu.

Bungai bangkai ini mekar, setelah 13 hari ditemukan sejak Minggu 13 Desember lalu. Kekinian kondisi tampak indah dipandang mata, dan tingginya sedikit bertambah dari awal ditemukan.

“Awal ditemukan itu hanya sedada. Kini sudah jauh lebih tinggi dan kondisi tampak lebih subur,” terangnya.

Melihat perkembangan bunga raksasa itu, saat ini dengan inisiatif yang tinggi, pemuda dan warga terus menjaganya. Lokasi yang awalnya semak, kini tampak bersih dan mudah untuk dijangkau.

“Alhamdulillah, pemilik lahan mengizinkan. Karena termasuk habitat endemik jadi kita ingin menjaganya. Apalagi, sampai saat ini pengunjung semakin ramai melihatnya,” tutupnya.

Bunga bangkai atau dengan nama latin amorphophallus titanum merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Diketahui, bunga bangkai yang tumbuh di Kampung Akat ini hidup di lahan peladangan yang tak jauh permukiman warga. Pertama kali ditemukan oleh warga pemburu babi. Ditemukan Minggu 13 Desember 2020, kondisinya masih terlihat kuncup.

(man)

Kami Hadir di Google News