Berita

DLH Pessel Maksimalkan Pembinaan Sekolah Menuju Adiwiyata

76
×

DLH Pessel Maksimalkan Pembinaan Sekolah Menuju Adiwiyata

Sebarkan artikel ini
Hendrajoni
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

MJNews.id – Tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan (Pessel) diminta memaksimalkan pembinaan sekolah yang ada menuju kategori Sekolah Adiwiyata, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional dan mandiri. Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, di Painan, Minggu (17/1/2021).

“Ya, saya meminta tahun ini Dinas Lingkungan Hidup lebih memaksimalkan kegiatan pembinaan kepada sekolah-sekolah yang ada menuju kategori Sekolah Adiwiyata,” katanya.

Bupati Hendrajoni menyatakan, untuk mencapai prestasi tersebut butuh kerja keras serta dukungan dari seluruh perangkat daerah, stakeholder dan elemen masyarakat. “Tentu, Dinas Lingkungan Hidup perlu juga melakukan langkah-langkah strategis serta sosialisasi dan pendekatan pada semua pihak,” harapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesisir Selatan, Beny Rizwan mengungkapkan, pihaknya tetap melakukan kegiatan pembinaan sekolah menuju kategori Sekolah Adiwiyata. Pembinaan akan dilakukan melalui tim yang terjun ke lapangan.

Kemudian nantinya untuk sekolah yang meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, maka sekolah itu mesti melakukan upaya pembinaan dasar kepada sekolah lain seperti pengelolaan bank sampah, green house, komposter dan pemilahan sampah.

Sekolah Adiwiyata tingkat nasional memiliki tanggungjawab melakukan inovasi di semua lini. Selanjutnya, Sekolah Adiwiyata tingkat mandiri memiliki tanggungjawab melakukan pembinaan terhadap lima sekolah yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup.

Dikatakan, tahun ini selain menargetkan pencapaian penghargaan Sekolah Adiwiyata baik tingkat mandiri, nasional maupun provinsi, juga penghargaan Adipura, Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dan Gerakan Sumbar Bersih.

(man)

Kami Hadir di Google News