Berita

Antisipasi OPT, Distan Agam Berikan Petani Bantuan Pestisida

72
×

Antisipasi OPT, Distan Agam Berikan Petani Bantuan Pestisida

Sebarkan artikel ini
Distan Agam Bantu Petani dengan Obat Obatan
Salah seorang petani melakukan penyemprotan pada lahan pertanian yang dimilikinya. (ist)

MJNews.id – Untuk mengantisipasi serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada komoditi padi dan jagung, Dinas Pertanian Kabupaten Agam menyiapkan sarana pengendali melalui bantuan obat-obatan atau pestisida.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Arief Restu, Rabu (3/2/2021) mengatakan, hal itu bertujuan agar produksi tanaman pangan petani tidak menurun di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Dananya bersumber dari APBD 2021 sebesar Rp40 juta,” katanya.

Bantuan tersebut diprioritaskan bagi areal pertanian yang dikelola kelompok tani yang mengalami masalah gangguan hama tikus atau wereng yang akan mengakibatkan gagal panen atau menurunnya produktivitas komoditi.

Bagi kelompok tani yang akan dibantu harus berdasarkan dari surat permohonan disertai surat rekomendasi petugas pengendali OTP. “Setiap kecamatan ada petugas OPT-nya, merekalah yang mamantau siapa saja yang akan dibantu,” katanya.

Meski tahun lalu tidak banyak wabah penyakit pada padi dan jagung, namun pihaknya akan tetap mewanti-wanti. “Tahun kemarin ada kasus wereng, tapi sedikit dan masih bisa dikendalikan,” katanya.

Karena itu, bantuan bersifat stimulan itu diharapkannya bisa menambah wawasan dan pengetahuan petani dalam menghadapi kasus OPT.

(*/irm)

Kami Hadir di Google News