Berita

HUT Kota Padang ke-351 Dirayakan Secara Sederhana

89
×

HUT Kota Padang ke-351 Dirayakan Secara Sederhana

Sebarkan artikel ini
HUT Kota Padang ke-351 Dirayakan Secara Sederhana
Walikota Padang Mahyeldi salam kompak dengan Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani.


mjnews.id – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-351, Jumat (7/8/2020) digelar secara sederhana, tapi tak menghilangkan makna kesakralan momen tersebut.

Momentum Hari Jadi Kota Padang digelar dengan cara berbeda. Di tengah pandemi COVID-19, tak ada euforia hingga parade papan bunga. Perayaan sederhana ini ditayangkan secara live lewat virtual dan di media sosial.

Ketua DPRD Syafrial Kani mengatakan, Pemko Padang agar terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat sebagai upaya memajukan kota dan bisa bersaing dengan daerah lain.

“Peringatan Hari Jadi Kota di tengah kondisi pandemi Covid-19, tentunya ada hal berbeda. Ada hal teknis terkait protokol kesehatan hingga digelar virtual yang harus dipatuhi, tidak masalah. Yang penting maknanya, bagaimana usaha mewujudkan cita-cita pendiri Kota Padang “ katanya.

Tema Peringatan HUT Ke-351 ini, Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial untuk Mewujudkan Padang Sebagai Kota Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata.

“Padang yang telah berusia 351 Tahun harus bergerak dinamis, penuh percaya diri memasuki perubahan yang terjadi di masa depan,” ucapnya.

Pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan ditingkatkan, serta ketidaknyamanan masyarakat terus dihilangkan seperti kemacetan, banjir, dan lainnya. Bersama-sama berupaya menanganinya,” jelasnya.

Ia mengajak, semua elemen masyarakat untuk bangkit bersama dari keterpurukan akibat pandemi. 

“Optimis membangun kembali, untuk mengembangkan usaha dan investasi yang dapat mendukung kemajuan perekonomian bagi warga ,” ungkapnya.

Padang harus siap dengan kondisi apapun, termasuk digelar HUT saat pandemi Covid-19. “Alhamdulillah diselenggarakan dengan pembatasan, sesuai protokol kesehatan. Walaupun dilakukan dengan keadaan sangat sederhana, namun tidak mengurangi khidmat dan rasa syukur kepada Allah SWT,” ujarnya.

Ia berharap, Padang semakin maju dan bisa mensejahterakan warganya. “Mari bekerja semaksimal mungkin menjalankan fungsi anggaran, pengawasan, dan legislasi. Dewan harus mampu menyerap aspirasi masyarakat dan berkolaborasi dengan kegiatan pembangunan Pemkot Padang. Sinergi ini untuk percepatan kemajuan kota,” tuturnya. 

Walikota Mahyeldi Ansharullah mengucapkan duka cita mendalam pada seluruh keluarga pasien Covid-19 yang meninggal. Pandemi ini merupakan cambukan baginya. 

Ia berjanji akan berupaya semaksimal mungkin untuk warganya. “Saat ini sebagian saudara-saudara , termasuk tenaga medis tidak dapat bersama lagi,” paparnya

Atas nama pemerintah kota, ia menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga para korban Covid-19,” paparnya. 

“Kenyataan pahit ini, harus di hadapi dan menjadi cambuk untuk menghadapi Pandemi Covid-19. Di mana upaya preventif akan lebih didahulukan dari pada kuratif,” imbuhnya. 

Ia pun mengajak, masyarakat berdisiplin dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun secara rutin, juga memakai masker di tempat umum. Serta menjaga jarak dalam berinteraksi atau social distancing.

“Di samping itu, harus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, termasuk minum vitamin dan ramuan rempah atau empon-empon. Serta berjemur di bawah sinar matahari setiap,” paparnya.


(eds)

Kami Hadir di Google News