Berita

Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020, BPTD Sumbar Sediakan Parkir Sepeda di Kota Padang

104
×

Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020, BPTD Sumbar Sediakan Parkir Sepeda di Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Irwan Prayitno serahkan hadiah bagi tim pemenang Virtual Rally Fun Bike
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno serahkan hadiah bagi tim pemenang Virtual Rally Fun Bike pada Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020 yang diraih tim The Barokah, Rabu (30/9/2020). (ist)

mjnews.id – Pelaksanaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020 di Sumbar berjalan sukses. Dengan kegiatan tersebut diharapkan kesadaran masyarakat tertib di jalan raya makin meningkat.

Gubernur Irwan Prayitno pada kegiatan puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan, Rabu (30/9/2020) di Hotel Grand Inna Muara mendukung kegiatan tersebut sepenuhnya. Apalagi menjadi tertib di jalan raya adalah sangat perlu disosialisasikan.

“Jelas ini penting dilaksanakan di daerah. Mengedukasi masyarakat untuk tertib di jalan raya, bagaimana menjaga keselamatan di jalan sama dengan menyayangi nyawa sendiri,” sebut Irwan.

Untuk itu, Irwan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga kesadaran masyarakat untuk tertib dan patuh rambu lalulintas makin meningkat. 

“Semoga kegiatan itu terus berkelanjutan,” harapnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Provinsi Sumbar, Deny Kudyana Pekan Nasional Keselamatan Jalan Nasional tersebut digelar untuk mensosialisasikan bagaimana masyarakat sadar dengan tata tertib di jalan raya. Mematuhi rambu lalulintas, sehingga dapat menekan angka korban jiwa di jalan.

Rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020 diisi dengan sosialisasi melalui media elektronik radio di Kota Padang. Sosialisasi media luar ruang, seperti baliho dan umbul-umbul.

Kemudian, lomba melukis mural di halte-halte Trans Padang. Dilanjutkan dengan Virtual Rally Fun Bike, yakni games bersepeda yang dilepas di Mapolda Sumbar oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Forkopimda terbatas.

Kegiatan berikutnya, web seminar (webinar) dengan tema gantung motormu, kayuh sepedamu. Membahas Permenhub 59/2020 tentang keselamatan pesepeda di jalan. Diikuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumbar dan kabupaten kota, stakeholder PT Jasa Raharja dan Dirlantas Polda Sumbar serta Satlantas Kabupaten/Kota.

“Pada puncak ini kita memberikan penghargaan bagi yang sudah terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini,” sebut Deny.

Khusus untuk sosialisasi Permenhub Nomor 59/2020 tentang keselamatan pesepeda di jalan, BPTD Wilayah III juga memberikan tempat parkir khusus sepeda bagi Kota Padang. Parkir sepeda tersebut ditempatkan di kawan jalan Khatib Sulaiman. 

Penyerahan bantuan diterima oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri. 

“Ini hanya stimulan, kita harapkan nantinya ada dana corporate social responsibility (CSR) untuk ikut dapat mendukung kegiatan sepeda ini,” harap Deny.

Juara

Pada kesempatan itu, BPTD Wilayah III Sumbar memberikan hadiah bagi pemenang kegiatan Virtual Rally Fun Bike. Juara satu diraih oleh tim The Barokah Club di KOta Padang, juara dua tim Berkat Doa Ibu dan juara tiga tim Dishub Sumbar.

Sementara juara menggambar Mural, juara I diraih Teguh Eko Saputra, juara II diraih Arif Rahman dan juara III diraih Muhammad Iqbal.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News