Berita

Solsel Dilanda Banjir Bandang, Pasar Digenangi Air, Ratusan Jiwa Terdampak

84
×

Solsel Dilanda Banjir Bandang, Pasar Digenangi Air, Ratusan Jiwa Terdampak

Sebarkan artikel ini
Solsel Dilanda Banjir Bandang
Banjir melanda dua jorong di Nagari Sungai Kunyik, Kecamatan Sangir Balai Janggo tadi malam. (ist)

mjnews.id – Banjir bandang kembali melanda Solok Selatan, puluhan rumah dan ratusan jiwa terdampak, satu pasar digenangi air.

Informasi yang diterima dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD Solok Selatan, banjir yang terjadi di Sungai Batang Pangian, Jorong Taratak dan Jorong Pasa Sungai Sungkai, Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ), Solok Selatan itu terjadi akibat luapan sejumlah anak sungai, Senin (9/11/2020) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari.

Akibat luapan sejumlah anak sungai tersebut, pasar rakyat Sungai Sungkai, 114 rumah terendam air serta 950 lebih warga terdampak di dua jorong.

Kepala Kalaksa BPBD Solok Selatan Richi Amran bersama Kasi Penanggulangan Bencana Romi mendapat informasi malam itu langsung bergerak bersama tim TRC-nya dengan alat penanggulangan bencana.

Akibat hujan deras seharian di Kabupaten Solok Selatan mengakibatkan air sungai melebihi kapasitas dan meluap yang mengakibatkan banjir genangan dan banjir luapan.

Lokasi sungai yang terjadi luapan air di dua jorong itu, Sungai Batang Pangian dan Sungai Batang Geringging.

“Malam itu tim TRC BPBD Solok Selatan juga diturunkan dan hingga kini tim masih menolong warga yang trrdampak banjir, dengan melakukan evakuasi ke tempat yang aman,” ucapnya.

Satgas PB dan Pusdalops PB Solok Selatan di bawah Koordinator Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Solok Selatan juga sudah turun ke lokasi melakukan pendataan dan penyaluran perahu karet untuk evakuasi korban luapan sungai.

(abg/ems)

Kami Hadir di Google News