ADVERTISEMENT
AdvertorialBengkulu Selatan

Cegah Stunting, Pemdes Tanjung Besar Laksanakan Posyandu Balita Setiap Bulan

80
×

Cegah Stunting, Pemdes Tanjung Besar Laksanakan Posyandu Balita Setiap Bulan

Sebarkan artikel ini
Picsart 23 04 13 20 04 09

Bengkulu Selatan, Mjnews.id- Kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) yang dilaksanakan Pemerintah Desa Tanjung Besar berkerjasama dengan Puskesmas Kayu Kunyit Kecamatan Manna dibantu oleh kader posyandu, kader posbindu dan Tenaga Kesehatan Desa (TKD). Bertujuan untuk pengobatan gratis dan pelayanan kesehatan bagi balita dan ibu hamil. Pelaksanaan dikantor desa setempat. Senin (10/4/23).

Kegiatan ini langsung dipantau oleh kades Tanjung Besar dan dihadiri ibu hamil, emak-emak yang membawah anak ataupun balita.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menurut Kades Tanjung Besar, Warman, Kegiatan Posyandu  setiap satu bulan sekali, bagi ibu hamil  anak-anak dan balita yang berobat gratis dan untuk mengecek kesehatan dan memberikan asupan gizi tambahan.

Baca Juga  Pansus I DPRD Padang Kunjungi Dinas PMPTSP DKI Jakarta

Posyandu bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan, mengecek dan pengobatan, kata Kades.

Dengan adanya posyandu sangat membantu, khususnya bagi warga kami yang kurang kesadaranya dalam hal kesehatan dan bertempat tinggal jauh dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), lanjut kades

“Posyandu sangat membantu warga kami untuk berobat maupun menjaga kesehatan,” katanya Warman.

kegiatan posyandu manfaatnya memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Termasuk penimbangan anak dan balita, urai kades

Baca Juga  Derta Rohidin Apresiasi Peran PKK Bersinergi Turunkan Stunting di Rejang Lebong

Kegiatan posyandu berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program pokok di Desa Tanjung Agung,” pungkas kades.(Iw2002).