Wisata

Dinas Pariwisata Kukuhkan Pokdarwis Kota Solok

66
×

Dinas Pariwisata Kukuhkan Pokdarwis Kota Solok

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Pengelolaan Homestay dan Kukuhkan Pokdarwis Kota Solok
Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Pengelolaan Homestay dan Kukuhkan Pokdarwis Kota Solok.

Solok, MJNews.ID – Dinas Pariwisata menggelar acara pembukaan Pelatihan Pengelolaan Homestay atau Pondok Wisata dan mengukuhkan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kota Solok.
Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Solok yang dalam hal ini diwakili Asisten I Kota Solok, dihadiri oleh Ketua KAN, Ketua LKAAM, Bundo Kanduang, serta Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah se-Kota Solok, bertempat di Hotel Whiz Kota Solok, Selasa 15 Juni 2021.
Kegiatan ini berjalan tiga hari tanggal 15 s/d 18 Juni, dengan diikuti oleh 40 peserta dari pengelola homestay yang ada di Kota Solok, Pengurus Masata Kota Solok, Pengelola Desa Wisata Payo dan Tanjung Paku, serta Pengurus Pokdarwis di Kota Solok.
“Dengan ini, Pemko Solok menyatakan pelatihan pengelolaan homestay atau pondok wisata tahun 2021 dibuka secara resmi,” ujar Asisten I Kota Solok.
Homestay merupakan jenis akomodasi yang berbeda dari hotel, iosmen dan guesthouse. Homestay adalah sebuah bangunan rumah milik perorangan yang disewakan sebagai tempat penginapan bagi tamu. Pada umumnya sebuah homestay memiliki lebih dari satu kamar dengan fasilitas lengkap dengan konsep penyewaan full satu rumah.
Pemko Solok selalu mendukung secara penuh program-program peningkatan kualitas masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak.
“Untuk itu, diharapkan OPD terkait dapat bekerjasama sesuai dengan tugas masing-masing. Kesampingkan ego sektoral dan tingkatkan koordinasi untuk mewujudkan Kota Solok menjadi kota kunjungan wisata,” papar Asisten I.
Menurut laporannya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Hj. Elvy Basri mengatakan tujuan dan maksud dari kegiatan tersebut yaitu untuk mengenalkan kepada masyarakat apa itu homestay dan manfaatnya bagi pengembangan pariwisata daerah, serta meningkatkan mutu pengelolaan homestay yang sudah ada sehingga memiliki daya saing dengan daerah lain.
“Homestay merupakan sebuah alternatif menarik bagi wisatawan yang dapat memberikan pengalaman berbeda dalam menetap di suatu daerah. Keberadaan homestay dapat memberikan pilihan akomodasi bagi wisatawan untuk memperpanjang waktu tinggal di Kota Solok,” kata Elvy Basri.
“Selain itu, homestay juga bisa menjadi sumber pemasukan baru bagi masyarakat Kota Solok. Sebab itu perlu diberikan pelatihan bagi masyarakat agar standar pengelolaan yang baik dapat tercipta,“ tutupnya.
(zal)

Kami Hadir di Google News