Wisata

Bupati Solok Sikapi Usulan Kawasan Geopark dengan Kunjungan Lapangan

84
×

Bupati Solok Sikapi Usulan Kawasan Geopark dengan Kunjungan Lapangan

Sebarkan artikel ini
Bupati Solok Sikapi Usulan Kawasan Geopark dengan Kunjungan Lapangan
Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar melakukan peninjauan lapangan ke area Danau Singkarak dan Alahan Panjang, Jumat 25 Juni 2021.

Arosuka, MJNews.ID – Pasca diusulkannya kawasan Danau Singkarak dan Gunung Talang sebagai kawasan geopark oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Bupati Solok, Epyardi Asda, M.Mar melakukan peninjauan lapangan ke area Danau Singkarak dan Alahan Panjang, Jumat 25 Juni 2021.
Kunjungan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Rustam Efendi beserta rombongan, Tim Geopark Ranah Minang, Tim Penyusun Studi Kelayakan Kawasan Gunung Talang, Tim Penyusun Master Plan Geosite Gunung Talang-Lembah Gumanti dan juga OPD terkait.
Selama kunjungan, Epyardi menjelaskan, kawasan Danau Singkarak merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi sebagai kawasan geopark nasional. Dengan adanya pengusulan kawasan Danau Singkarak oleh Pemerintah Propinsi Sumbar, diharapkan nantinya akan berdampak langsung kepada peningkatan sektor ekonomi masyarakat Kabupaten Solok.
Setelah mengunjungi Danau Singkarak, Bupati beserta rombongan bertolak menuju jalan baru Alahan Panjang (Kabupaten Solok) – Pasar Baru (Pesisir Selatan) yang pengerjaannya masih belum selesai.
Epyardi juga memaparkan jalan baru ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna meningkatkan perekonomian. Apabila jalan tembus ini selesai dikerjakan, maka masyarakat Alahan Panjang yang terkenal akan kualitas sayur mayurnya, dapat memasarkan produk ke Pesisir Selatan, begitupun sebaliknya. Masyarakat Pesisir Selatan juga dapat memasarkan produk unggulannya berupa ikan segar ke Kabupaten Solok. Pembukaan akses jalan baru ini juga dapat memankas waktu tempuh dari Kabupaten Solok menuju Pesisir Selatan.
Tak hanya sampai di situ, Epyardi Asda juga mengajak rombongan menuju kawasan Bukit Cambai.
“Bukit Cambai memiliki potensi wisata yang sangat bagus, karena memiliki alam yang indah sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang ke Solok,” ujarnya.
Pemerintah daerah akan bekerja keras untuk meningkatkan minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Solok.
Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju Alahan Panjang Resort. Di sana Ia menyampaikan bahwa kawasan Alahan Panjang Resort ini akan dipihakketigakan oleh pemerintah daerah, demi meningkatkan fungsi dan manfaatnya.
Ia juga menawarkan bagi yang ingin berbisnis, pemerintah daerah menawarkan sistem BOT selama minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun, tergantung berapa banyak pebisnis berinvestasi. 
Rustam Efendi selama kunjungan mengatakan akan membuat laporan secara tertulis mengenai kondisi yang dijumpainya di lapangan.
“Nantinya akan kita komunikasikan secara informal ke atasan, sehingga nantinya apa arahan dari pimpinan itu yang akan kita tindak lanjuti. Kami sangat senang datang ke Solok apalagi melihat semangat Bupati Solok dalam membangun kampung tercintanya yaitu kabupaten Solok ini,” ungkapnya.
Di akhir kunjungan Rustam juga berharap kunjungan ini akan membuahkan hasil yang menyenangkan bagi masyarakat Kabupaten Solok.
(zal)

Kami Hadir di Google News