Wisata

Disparbud Kota Pariaman Bentuk Program Sambang Destinasi Wisata

95
×

Disparbud Kota Pariaman Bentuk Program Sambang Destinasi Wisata

Sebarkan artikel ini
1599978653069317 0
Desa Apar kembangkan destinasi wisata.

mjnews.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman bentuk program inovasi berupa “Sambang Destinasi Wisata”. Di mana Dinas tersebut menyambangi beberapa objek wisata unggulan di Kota Pariaman.

Program sambangi destinasi wisata, waktunya dijadwalkan setiap minimal satu kali dalam seminggu. Tujuannya melihat langsung geliat wisata di Kota Pariaman, jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono, Sabtu (12/9/2020).

“Hari ini kita mulai di Desa Apar, kegiatan diawali olahraga bersepeda bersama unsur Camat, Kepala Desa Apar, Bumdes, Karang Taruna dan Pokdarwis,” terangnya.

Dikatakannya bahwa Kota Pariaman memiliki potensi wisata yang tak kalah indahnya dengan Kota Banyuwangi yang dijuluki “The Sunrise Of Java” itu “.

Disebutkannya, Desa Apar merupakan satu dari banyaknya desa yang memiliki potensi yang wajib dikembangkan. Harapannya dengan semakin diremajakannya objek wisata unggulan daerah maka akan meningkatkan kunjungan wisata di kota tabuik ini.

Marhen menuturkan, program Sambang Destinasi Wisata ini harus dirutinkan setiap hari Jumat. Tidak hanya di Desa Apar ini saja tapi juga merambah ke pulau-pulau dan objek wisata lainnya.

Hasil dan evaluasi dari porgram tersebut ialah perlunya penguatan kelembagaan Pokdarwis Apar, perlu workshop Hospitality untuk semua Pokdarwis, perlu sinergi beberapa SKPD untuk kemajuan dan kesempurnaan destinasi wisata Desa Apar ini.

Di samping itu, katanya, perlunya penyesuaian anggaran ADD/DD untuk penguatan Pokdarwis, pembinaan rutin dan pendampingan Pokdarwis dan pelayanan desa yang semakin prima.

Diungkapkannya , ada empat indikator kemajuan suatu daerah dari aspek wisatanya, salah satunya kunjungan wisata, lama tinggal pengunjung ditempat wisata tersebut, perputaran uang serta untuk meningkatkan PAD. 


(sul)

Kami Hadir di Google News