Wisata

Ngalau Indah Pangian Tanah Datar Berbenah Sambut Pengunjung

75
×

Ngalau Indah Pangian Tanah Datar Berbenah Sambut Pengunjung

Sebarkan artikel ini
Goa Ngalau Indah Pangian
Destinasi Wisata Goa Ngalau Indah Pangian.

mjnews.id – Destinasi wisata Ngalau Indah Pangian di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Dataryang  sekian lama ditutup, saat ini mulai berbenah menyambut pengunjung.

Untuk pengelolaannya sekarang ditangani Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Pangian Jaya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian, berupaya mengembangkan kembali menjadi destinasi wisata unggulan.

“Kami berupaya bangkit mengembangkan dan membenahi Ngalau Indah Pangian setelah ditutup akibat longsor beberapa tahun lalu,” ucap Ketua BUMNag Pangian Jaya, Nanda Anggara, Rabu (15/9/2020) di Batusangkar.

Sebelumnya, wisata goa yang didukung pesona alam yang memikat menjadi destinasi ramai dikunjungi.

Diutarakan Nanda, Ngalau Pangian ini berupa goa yang membentang di bujuran Bukit Barisan lebih kurang sepanjang satu kilometer, kemudian di dalam goa itu juga dilalui aliran sungai.

“Di dalam goa Ngalau Pangian banyak ditemukan stalagmit dan stalaktit yang masih alami dengan berbagai bentuk dan juga ada tulisan lafadz Allah di didindingnya,” timpal Nanda.

Diutarakan, sebelumnya ngalau ini menjadi destinasi wisata sejak dahulunya, hanya saja pada 2015 terjadi longsor membuat dinding tebing dan merusak jalan menuju lokasi sehingga menutup akses ke lokasi.

“Setelah diserahkan pada BUMNag dan kelompok sadar wisata berupa untuk membang kitkannya kembali,” jelasnya.

Untuk operasionalnya, Ketua Pokdarwis Pesona Pangian, Amuri Solala menambahkan destinasi ini telah dibenah dengan membangun beberapa infrastruktur dan spot-spot selfi di sepanjang jalan menuju ke dalam mulut goa.

Katanya, beberapa bulan ini Pokdarwis sebagai pengelola tengah gencarnya membangun spot selfi berupa pondok dibangun dengan bahan sederhana dari alam, beratap daun rumbio dan memakai bambu yang nyaman untuk ditempati berlama-lama.

Saat dibuka nanti tentu akan menjaga kebetahan dan kebeyamana pengunjung.

(Efrizal)

Kami Hadir di Google News