TMMDTNI

Satgas TMMD Mentawai Ajak Generasi Muda Gemar Membaca

89
×

Satgas TMMD Mentawai Ajak Generasi Muda Gemar Membaca

Sebarkan artikel ini
Satgas TMMD Mentawai Ajak Generasi Muda Gemar Membaca
Dandim 0319/Mentawai bersama Kapolres Mentawai saat mengajak anak-anak panti asuhan yayasan KAUM untuk gemar membaca.

MJNews.id – Bukan hanya melaksanakan pembangunan infrastruktur, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 di Kabupaten Kepulauan Mentawai juga turut menyasar generasi muda dengan ajakan gemar membaca.

Ajakan itu diutarakan langsung oleh Dandim 0319/Mentawai, Letkol Bagus Mardyanto kepada anak-anak panti asuhan yayasan Kasih Abadi Untuk Mentawai (Kaum) di jalan Raya Tuapejat Kilometer 0 pada Sabtu 20 Maret 2021.

Dandim yang ditemani oleh Kapolres Mentawai, AKBP Mu’at, pada saat itu menyampaikan dengan gemar membaca, generasi muda menjadi lebih banyak ilmu pengetahuan sebagai bekal di kemudian hari. 

“Membaca akan dapat memperluas cakrawala. Dengan membaca kita banyak tahu. Tentunya, juga akan berdampak terhadap kehidupan dan perubahan perilaku,” kata Dandim.

Dansatgas TMMD Kepulauan Mentawai tersebut juga mengatakan, kegiatan TMMD tidak hanya fokus pada pembangunan fisik atau pembangunan infrastruktur saja, namun, juga pembangunan mental masyarakat, hingga para generasi muda bangsa. Dia mengatakan, arus perkembangan teknologi mesti disaring dengan perilaku gemar membaca. 

Menurut dia, saat ini generasi muda sudah terpengaruh dengan teknologi, sehingga sudah melupakan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Untuk itu, kata dia, generasi muda mesti diingatkan kembali untuk terus gemar membaca. “Kita ingin kegiatan TMMD ini, betul-betul memberikan manfaat dan menjadi dambaan bagi masyarakat. Nah, memberikan dorongan semangat belajar serta motivasi kepada generasi penerus bangsa, juga menjadi prioritas kita,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, generasi muda adalah pewaris perjuangan kemerdekaan bangsa ini. Bekal ilmu pengetahuan harus terus digali. Mereka harus terus belajar untuk berpikir dan menciptakan ide-ide baru dan menemukan impian dalam menjalani kehidupan, sehingga mereka menemukan kebahagiaan untuk dapat menjadi generasi penerus bangsa yang diharapkan.

Sementara Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at berharap, ajakan ini dapat menjadi pemicu bagi anak-anak agar gemar membaca dan dapat meningkatkan kecerdasan anak yang merupakan penerus masa depan bangsa.“Kita berharap, anggota Satgas TMMD terus membantu memotivasi pelajar sebagai generasi penerus bangsa, agar gemar membaca. Sebab, gemar membaca akan banyak ilmu yang didapat,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga turut dibantu oleh Pemkab Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dengan mengirimkan perpustakaan berjalan atau mobil yang mengangkut berbagai jenis buku, mulai dari buku pelajaran, fiksi sampai kepada cerita lokal Mentawai.

(rls)

Kami Hadir di Google News