TMMD

Pra TMDD ke-110 Selesaikan Sejumlah Pembangunan Fisik

156
×

Pra TMDD ke-110 Selesaikan Sejumlah Pembangunan Fisik

Sebarkan artikel ini
buka jalan baru dalam pelaksanaan TMMD ke 110
Anggota Kodim 0308/Pariaman bersama masyarakat Nagari Salibutan dibantu excavator membuka jalan baru dalam pelaksanaan TMMD ke-110 tahun 2021. (ist)

MJNews.id – Kegiatan Pra TMMD ke-110 tahun 2021 di Korong Lipek Pageh, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman telah mengerjakan sejumlah objek fisik. Diantaranya, pembangunan jembatan, pembukaan jalan baru, pembuatan gorong-gorong, pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Pengawas kegiatan Pra TMMD ke-110 tahun 2021, Mayor Inf. Irwan Taufik mengatakan, kegiatan fisik dikerjakan sebagian besar oleh alat berat (excavator) dibantu oleh anggota Kodim 0308/Pariaman dan masyarakat. “Dengan bantuan excavator, beberapa kegiatan fisik telah mulai dikerjakan,” ucapnya, Minggu (21/2/2021).

Dikatakannya, dalam TMMD ke-110 ini dilakukan pembukaan jalan baru sepanjang 2.500 meter dan lebar 6 meter. Pembangunan lima unit RTLH, pembuatan tiga unit jembatan dan pembuatan gorong-gorong. 

Dikatakannya, untuk pembukaan jalan baru telah mencapai 30%, pembangunan jembatan telah 20% dan pembuatan gorong-gorong telah mencapai 45 persen serta pembangunan RTLH telah mencapai 45 persen.

Diungkapkannya, kendala yang dihadapi, jika hujan turun jalan licin, sulit dilewati, apalagi menggunakan mobil yang membawa material. Faktornya, dasar tanah berupa tanah liat.

Terpisah, Dandim 0308/Pariaman, Letkol Czi. Titan Jatmiko menjelaskan, program dari TMMD ini adalah membuka akses masyarakat dari keterisolasiannya. Makanya, setiap akan diadakan TMMD, tim melakukan survey lokasi.

Untuk Nagari Salibutan, kondisinya memungkinkan TMMD dilaksanakan. Karena ada satu Korong yang terpisah dengan Pusat Pemerintahan Nagari Salibutan. 

Masyarakat di Korong tersebut, jika ingin ke Kantor Walinagari Salibutan harus memutar melewati Nagari tetangga.

“Dengan adanya TMMD ini, masyarakat yang terpisah dari Nagari Salibutan, jika ingin ke Kantor Walinagari tidak perlu melewati Nagari tetangga, begitupun jarak tempuh lebih singkat,” tukasnya.

Dengan terbukanya akses ke daerah lain, daerah tersebut telah terbebas dari keterisolasian dan daerah itu akan cepat maju dan berkembang. Begitupun dampaknya terhadap pertumbuhan ekonominya.

Dandim berharap, selama Pra TMMD ini, sasaran fisik yang direncanakan bisa terealisasi dengan baik. Kelanjutannya dikerjakan diwaktu TMMD ke-110 yang dimulai 2 Maret mendatang.

“TMMD ke-110 tahun 2021 di Korong Lipek Pageh, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung berlangsung satu bulan.

(dam/sul)

Kami Hadir di Google News