Sumatera Barat

Diskominfo Pasbar Laksanakan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE

110
×

Diskominfo Pasbar Laksanakan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE

Sebarkan artikel ini
Diskominfo Pasbar Laksanakan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE
Diskominfo Pasbar Laksanakan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023, Selasa (26/9/2023) di Auditorium kantor bupati setempat.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada tim SPBE Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2022.

Kepala Dinas Kominfo Pasbar melalui Kabid E-government dan Aptika Sunarto menjelaskan bahwa Evaluasi SPBE yang dilakukan merupakan kelanjutan dari tahapan sebelumnya yaitu proses penilaian mandiri dan penilaian dokumen.

Berdasarkan hasil evaluasi SPBE Tahun 2022, indeks SPBE Kabupaten Pasaman Barat berada pada nilai 2,36 (dua koma tiga enam), predikat cukup dari skala 5. Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Pasaman barat sudah melaksanakan Penilaian Mandiri SPBE dengan nilai 3,49 (tiga koma empat sembilan).

“Perlu keseriusan dan komitmen yang kuat dari seluruh OPD dan stakeholder terkait untuk peningkatan Evaluasi SPBE Tahun 2023 di Kabupaten Pasaman Barat. Harapannya pada pelaksanaan interviu SPBE kita bisa mempertahankan nilai tersebut sesuai dengan data dukung yang sudah dikirimkan,” tutupnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. Penerapan SPBE dalam instansi pemerintahan, harus dievaluasi setiap tahunnya untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di daerah tersebut.

SPBE ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“SPBE bukan hanya sekedar penggunaan aplikasi atau sistem informasi dalam pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan. Lebih dari itu, SPBE meliputi beberapa domain yaitu Domain Kebijakan SPBE, Tata Kelola SPBE, Manajemen SPBE, dan Layanan SPBE,” tangkasnya.

(wal)

Kami Hadir di Google News