EkonomiSumatera Barat

BKOW Sumbar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

81
×

BKOW Sumbar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

Sebarkan artikel ini
BKOW Sumbar Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan
Ketua BKOW Sumbar, Ny. Wartawati Nasrul Abit, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Besri Rahmat dan Kabid, Ernalis, saat pembukaan pelatihan pengolahan ikan. (ist)

mjnews.id – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) menggelar kegiatan. Jumat (4/12/2020), organisasi wanita yang diketuai Ny. Wartawati Nasrul Abit itu menyelenggarakan pelatihan pengolahan ikan.

“Ya hari ini kami menggelar pelatihan cara membuat aneka makanan berbahan ikan. Peserta nantinya akan praktik dan dipandu instruktur membuat makanan dari awal hingga selesai,” kata Wartawati usai pembukaan kegiatan pelatihan pengolahan ikan tersebut.

Menurutnya, dengan praktik membuat makanan berbahan ikan tersebut juga untuk menambah ilmu bagi anggota BKOW Sumbar. Di mana masa pandemi mereka dapat membuat aneka makanan baik untuk keluarga maupun jual guna menambah income keluarga.

“Selama ini masakan kita banyak yang monoton hingga kita merasa bosan. Nah dengan pelatihan ini ibu-ibu nantinya bisa membuat masakan bervariasi,” terangnya.

Selain untuk keluarga, peserta nantinya juga bisa membuat usaha dari pelatihan yang mereka ikuti. Pemasarannya bisa menggunakan media online dengan berbagai kecanggihan teknologi sekarang.

Tak hanya menambah ilmu bagi anggota BKOW Sumbar, pelatihan itu juga untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. Sebab Sumbar punya banyak laut dengan hasil ikan yang melimpah.

Pelatihan pengolahan ikan tersebut bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumbar. Besri Rahmat sebagai kepala dinas mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan BKOW Sumbar.

“Pelatihan ini sangat bagus. Apalagi di tengah pandemi sekarang. Ibu-ibu bisa berkreasi dan membuka peluang usaha setelah mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.

Sementara, pelatihan tersebut menghadirkan instruktur berkompeten di bidangnya, yakni, Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Ernalis, A. Pi. MSi.

Pada kesempatan itu, dia berbagi tentang cara membuat somay ikan. Proses pembuatan somay memakan waktu sekitar 2 jam. Peserta satu sama lain bahu membahu hingga somay ikan itu terhidang dan dinikmati semua peserta.

(yke/eds)

Kami Hadir di Google News