Sumatera Barat

Korban Kebakaran Tanjung Gadang Terima Bantuan Pemkab Limapuluh Kota

86
×

Korban Kebakaran Tanjung Gadang Terima Bantuan Pemkab Limapuluh Kota

Sebarkan artikel ini
Korban Kebakaran Tanjung Gadang Terima Bantuan Pemkab Limapuluh Kota
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Jorong Tanjung Gadang.

MJNews.id – Kebakaran yang terjadi Jorong Tanjung Gadang, Nagari Tanjung Gadang, Kecamatan Lareh Sago Halaban beberapa waktu lalu menyisakan kesedihan mendalam bagi korban. Atas musibah yang terjadi itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengunjungi daerah itu, Selasa (2/3/2021).

Safaruddin menyerahkan bantuan terhadap warga yang ditimpa bencana kebakaran. Kedatangan orang nomor satu di Pemkab Limapuluh Kota itu, tidak sendirian. Ia didampingi Sekdakab Widya Putra, Kepala Dinas Damkar Alfian, Kepala Bidang edaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rahmadinol, Camat Lareh Sago Halaban Elfi Zen, Walinagari Tanjuang Gadang Rilson Dt. Mangguang, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Di rumah korban kebakaran, Safaruddin sempat menyerahkan sejumlah bantuan. Mulai dari pakaian, alat tulis hingga logistik makanan. “Kami atas nama pemerintah daerah, turut berduka atas musibah yang terjadi ini. Karena ini musibah kita bersama, makanya saya hadir di sini. Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakatnya. Dan juga sebagai dukungan moral kepada masyarakat yang tertimpa bencana,” ujarnya kepada pihak keluarga korban.

Selain itu, bupati juga merasa bangga melihat kekompakan warga Tanjuang Gadang, yang saling bekerja sama membantu korban kebakaran. Sehari pasca kebakaran, warga beramai-ramai mendirikan kembali rumah yang terbakar secara swadaya. Karena itu, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota itu juga menugaskan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran untuk menurunkan anggota ke lokasi kebakaran pasca kejadian.

“Petugas pemadam dikerahkan untuk ikut bergotong-royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Kemudian petugas juga ditempatkan untuk ikut membantu pihak keluarga korban, dalam bergotong-royong untuk mendirikan rumah korban kebakaran ini,” tambahnya.

Hal tersebut, katanya setidaknya mampu meringankan beban korban. Selain itu, Safaruddin berpesan agar warga selalu waspada terhadap sumber api yang akan membahayakan penyebab kebakaran. “Dalam meninggalkan rumah, harus di cek kembali apakah ada api yang masih menyala. Kemudian, colokan kabel listrik juga diperhatikan, sehingga tidak memicu terjadianya kebakaran,” katanya.

Sementara itu, Walinagari Tanjuang Gadang Rilson Dt. Mangguang, menyampaikan terima kasih atas kepedulian bupati yang baru dilantik langsung mendatangi korban kebakaran. “Kami atas nama masyarakat Tanjung Godang, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Limapuluh Kota yang telah mau datang ke kampung kami ini. Meskipun beliau baru saja dilantik, namun sudah menyempatkan diri melihat secara langsung masyarakat yang terkena musibah. Kita sangat apresiasi sekali dengan hal itu,” ucapnya.

(rls/yud)

Kami Hadir di Google News