Sumatera Barat

Himpunan Alumni IPB Sumbar Bakal Gelar Musda di Pessel

74
×

Himpunan Alumni IPB Sumbar Bakal Gelar Musda di Pessel

Sebarkan artikel ini
Himpunan Alumni IPB Sumbar Bakal Gelar Musda
Ketua Umum HAIPB Sumbar, Arkadius Dt. Intan Bano (tiga dari kiri) bersama dengan pengurus lainnya seusai acara. (ist)

MJNews.id – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HAIPB) Sumatera Barat (Sumbar) akan segera menggelar Musyawarah Daerah (Musda), untuk memilih kepengurusan baru periode 2021-2025. Rencananya Musda akan digelar di Painan, Pesisir Selatan pada 13-14 Maret 2021.

Hebohnya lagi, nama Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, disebut bakal menjadi calon kuat, bertarung bersama calon lainnya, seperti Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwadi, dan pengusaha Meldian.

Menurut Ketua Umum HAIPB Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano, di Sumbar alumni IPB diperkirakan lebih kurang 500 orang. Mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih sebagai calon ketua himpunan alumni.

“Tidak ada batasan, asal alumni IPB meski hanya pernah kuliah minimal satu semester saja, berdomisili di Sumbar, bisa mengajukan diri sebagai calon ketua umum, kemudian diajukan dalam DPC dan DPK,” katanya kepada para wartawan, Jumat 12 Maret 2021.

Arkadius yang juga Ketua Komisi II DPRD Sumbar ini menambahkan, beberapa hari terakhir perkembangan soal calon ketua umum sudah hangat dibahas di grup media sosial. Banyak yang mencalonkan diri. “Jika alumni mau dan siap mengemban amanah, tidak ada masalah,” ujarnya.

Ia sendiri mengaku tak lagi mencalonkan diri, karena sudah menjabat dua periode sebagai ketua umum alumni. Tugasnya kini membawa pengurus baru agar lebih berkontribusi pada Sumbar. “Selama ini alumni IPB sudah berkontribusi cukup banyak, dimana salah satu yang paling tersukses pendirian Asrama Mahasiswa Minang di Bogor. Waktu itu tanahnya dibeli oleh alumni, lalu dihibahkan kepada Pemprov Sumbar,” ungkapnya.

Kini asrama tersebut digunakan untuk kegiatan ikatan mahasiswa, hingga penginapan bagi mahasiswa Minang. Selain itu alumni yang berada di pemerintahan aktif membangun pertanian Sumbar termasuk mitigasi bencana.

Sementara Ketua Panitia Musda HAIPB Sumbar, Meldian, mengatakan kegiatan berlangsung selama dua hari di Hotel Hannah Syariah Painan. Rencananya dibuka Gubernur Sumbar, Mahyeldi dilanjutkan dengan webinar bertema Optimalisasi Peran dan Sinergi Himpunan Alumni IPB Dalam Pembangunan Pertanian Menuju Sumbar Unggul dan Berkelanjutan yang akan disampaikan oleh Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

Ia memastikan acara dilaksanakan dengan mematuhi protokol Covid-19 sehingga digabung antara dalam ruangan dan daring. Acara juga akan dilengkapi dengan bakti alumni berupa penanaman pohon.

(hn/eds)

Kami Hadir di Google News