EkonomiSumatera Barat

10 Kelompok Tani Pesisir Selatan Dapat Bantuan Alsintan

77
×

10 Kelompok Tani Pesisir Selatan Dapat Bantuan Alsintan

Sebarkan artikel ini
Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan alsintan
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyerahkan bantuan alsintan pada kelompok tani di daerah setempat, Kamis 8 April 2021. (humas)

MJNews.id – Sebanyak sepuluh kelompok tani dan gabungan kelompok tani di Kabupaten Pesisir Selatan mendapat bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah.

Bantuan alsintan berupa 10 unit power thresser itu diserahkan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Pesisir Selatan oleh Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kepala Distanhorbun, Nuzirwan, Kamis 8 April 2021.

Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi dinas terkait, karena bantuan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan pada bidang ekonomi.

“Saya meminta Distanhorbun lebih gesit lagi untuk melihat peluang-peluang yang dapat kita raih di kementerian terkait. Untuk itu, segera inventarisir kebutuhan yang kita perlukan untuk para petani kita. Selanjutnya, kelompok tani yang menerima bantuan agar merawat alsintan itu dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan bersama kelompok,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Distanhorbun Nuzirwan mengatakan, penyaluran bantuan alsintan ini berdasarkan proposal yang diajukan oleh kelompok tani, Gapoktan dan Kelompok UPJA.

“Proposal tersebut kita sampaikan kepada Satker yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Alhamdulillah pada bulan Februari lalu kita mendapat 2 unit Power Thresser Multiguna dan saat ini ditambah 10 unit lagi,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Power Thresser atau mesin perontok padi ini diharapkan dapat memperbesar kapasitas kerja, meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi kehilangan hasil panen dan memperoleh mutu hasil gabah yang baik.

“Manfaatkan bantuan alsintan tersebut dengan baik dalam upaya peningkatan produksi pertanian. Pengunaan alsintan oleh kelompok tani dan gabungan kelompok tani tersebut akan kami awasi,” tegasnya. 

(myd)

Kami Hadir di Google News