EkonomiSumatera Barat

Bupati Safaruddin Kunjungi Budidaya Ikan Gurame Sago di Suliki

76
×

Bupati Safaruddin Kunjungi Budidaya Ikan Gurame Sago di Suliki

Sebarkan artikel ini
budidaya ikan gurame sago
Bupati Safaruddin Kunjungi Budidaya Ikan Gurame Sago di Suliki.

LIMAPULUH KOTA, MJNews.id – Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo kunjungi Raja Place lokasi Budidaya ikan gurame sago di Kenagarian Suliki, Kecamatan Suliki.

Dikatakan Bupati, budi daya ikan gurame memiliki potensi pasar yang luas khususnya dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu dapat menjadi usaha alternatif masyarakat untuk peningkatan ekonomi secara umum di Kabupaten Limapuluh Kota. Budi daya ikan air tawar di daerah juga menjadi bagian penopang ketahanan pangan.

“Perlu ditindaklanjuti secara baik, ini inovasi masyarakat yang perlu didukung penuh Pemkab. Melalui benih, induk dan pakan, budi daya ikan gurame sago kedepan harus memiliki siklus produksi berkesinambungan sebagai pendapatan masyarakat,” kata Bupati didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Perikanan, Senin 17 Mei 2021.

Sementara itu, Armendo pemilik Raja Place menyebutkan, Gurame Sago merupakan ikan asli Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI). Raja Place produksi benih jenis unggul untuk dibudidayakan ke masyarakat, karena Gurame Sago merupakan ikan yang diminati ditingkat internasional.

“Sudah ditetapkan KKP-RI. Dengan itu inovasi budidaya gurame sago ini terus kami tingkatkan semaksimal mungkin sebagai bibit unggul dan produksi baik,” kata Armendo.

Diakuinya, khusus Gurame Sago, saat ini Raja Place belum bisa memenuhi permintaan lokal untuk konsumsi. Dengan program dan inovasi yang akan dikembangkan, ke depan permintaan atau kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

“Target kita ke depan 2.000 ton per bulan, ini target konsumsi dan juga untuk memenuhi permintaan pasar internasional. Jelas ini akan melibatkan banyak masyarakat Limapuluh Kota,” tutup Armendo.

(rls/yud) 

Kami Hadir di Google News