PendidikanSumatera Barat

Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar Studi Lapangan ke TVRI

58
×

Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar Studi Lapangan ke TVRI

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar Studi Lapangan ke TVRI
Sejumlah mahasiswa Prodi Sejarah STKIP PGRI Sumbar didampingi Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik, Soesilo Abadi Piliang, Sekretaris Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumbar, Juliandry Kurniawan Junaidi, M.Pd berfoto bersama, diterima, Kasi Program dan Pengembangan Usaha TVRI Sumbar, Emirizon. (ist)

mjnews.id – Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumbar kembali menggelar studi lapangan ke TVRI Sumbar di Jl. By Pass KM 16, Kota Padang, baru-baru ini.

Kedatangan sekelompok mahasiswa yang dipimpin Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik, Soesilo Abadi Piliang, yang didampingi Sekretaris Prodi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumbar, Juliandry Kurniawan Junaidi, M.Pd, diterima, Kasi Program dan Pengembangan Usaha TVRI Sumbar, Emirizon.

Dalam kesempatan itu Soesilo mengatakan, kunjungan tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Ini bagian dari kegiatan mata kuliah jurnalistik (jurnalisme pertelevisian) yang menjadi salah satu mata kuliah pilihan unggulan di Prodi Pendidikan Sejarah di perguruan tinggi tersebut.

“Minat lulusan STKIP PGRI Sumbar menjadi jurnalis di media massa cukup tinggi dan diantara mereka sudah menjadi jurnalis di sejumlah media terkemuka,” ujarnya.

Juliandry menambahkan, bahwa lulusan STKIP PGRI Sumbar pada umumnya dan khususnya di Prodi Pendidikan Sejarah tidak harus menjadi guru sebagai profesi mereka nantinya, makanya mereka diberi soft skill dalam pelatihan maupun mata kuliah pilihan (seperti jurnalistik, museologi). “Dengan soft skill, mereka bisa bekerja di media massa, museum dan instansi lain,” katanya.

Kasi Program dan Pengembangan Usaha TVRI Sumbar, Emirizon, menuturkan, kini TVRI Sumbar sudah menjadi objek tujuan studi lapangan bagi masyarakat, khususnya mahasiswa. “Bagi yang ingin bergabung dengan TVRI, nantinya dapat mengajukan lamaran ke TVRI saat TVRI membuka formasi kerja, apakah menjadi reporter, kameraman, presenter, penulis naskah,” terangnya.

Emirizon sebelumnya menceritakan sejarah singkat Lembaga Penyiaran Publik tersebut. TVRI Sumbar, katanya, merupakan stasiun televisi daerah yang didirikan oleh Televisi Republik Indonesia untuk wilayah Sumbar. TVRI Sumbar ini didirikan pertama kali dengan nama TVRI Padang. Kini bernama LPP TVRI Sumbar.

Dia juga menyinggung tentang peran TVRI, sesuai dengan visinya terwujudnya TVRI Sumbar sebagai media utama penggerak pemersatu bangsa. Sedangkan misinya, antara lain menyelenggarakan siaran yang menghibur, mendidik, informatif secara netral, berimbang, sehat dan beretika untuk membangun budaya bangsa dan mengembangkan persamaan dalam beragama. Kemudian, menyelenggarakan layanan siaran multiplatform yang berkualitas dan berdaya saing.

“Menyelenggarakan tata kelola lembaga yang modern, transparan dan akuntabel,” katanya.

Di samping itu, menyelenggarakan pengembangan usaha yang sejalan dengan tugas pelayanan publik, menyelenggarakan pengelolaan sumberdaya proaktif dan andal guna meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan pegawai.

Disebutkan, TVRI Sumbar memiliki sejumlah program unggulan seperti Sumatera Barat Hari Ini, Bincang Kita, Dendang 15, Ayo Hidup Sehat.

(put/eds)

Kami Hadir di Google News