InfrastrukturSumatera Barat

Nagari Pasir Talang Selatan Percepat Pembangunan Fasilitas Umum

84
×

Nagari Pasir Talang Selatan Percepat Pembangunan Fasilitas Umum

Sebarkan artikel ini
pembangunan%2Bfasilitas%2Bumum
Pemerintah Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan mempercepat pembangunan fasilitas umum. (afrizal amir)

mjnews.id – Pemerintahan Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat fokus melanjutkan pembangunan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan warga. Paling tidak untuk tahap awal ini ada dua kegiatan yang mendesak.

Selain kebijakan untuk fokus dalam penanganan wabah virus Corona-19, saat ini, juga ada dua kegiatan yang dibutuhkan masyarakat umum yang tengah digenjot pengerjaannya.

“Pertama lanjutan pembangunan jalan alternatif yang ada di Jorong Kelampaian menuju area jembatan nomor satu di Jorong Kampung Palak dan satu lagi pembangunan drainase di Jorong IV Jorong Selatan,” ungkap Wali Nagari Pasir Talang Selatan, Zoni Marjis.

Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan ini men desak dan sebagai percepatan untuk warga nagari dalam mengangkut hasil pertanian serta akses jalan alternatif untuk masyarakat menuju pasar muara labuh di Kampung Palak.

Selain itu drainase, juga sangat mendesak selain untuk kelancaranan air untuk lahan pertanian masyarakat se luas lebih kurang 20 hektare. Bahkan pembangunan drainase ini juga untuk pengamankan fasilitas jalan yang sudah ada dari ancaman arus anak sungai,” terang Zoni Marjis.

Sementara itu, Pelaksana Teknis Kegiatan, Nike Kumala menambahkan bahwa dua kegiatan ini mengucurkan dana desa tahun ini lebih kurang Rp500 Juta, diantaranya untuk lanjutan jalan Kelampaian menuju jembatan nomor satu di Kampung Palak menghabiskan anggaran sebesar Rp277 juta sedangkan untuk pembangunan drainase di Jorong IV Jorong Selatan menghabiskan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 234 juta, ” terang Nike.

Kegiatan jalan Kelampaian ke jembatan nomor satu Kampung Palak selain mendesak untuk kebutuhan masyarakat sebagai jalan alternatif, juga sangat berdampak untuk mempermudah mengangkut hasil pertanian.

“Sementara drainase di Jorong IV Jorong akan lebih terjamin keamanan jalur anak sungai di Dusun Limau Sundai, serta keterjaminan sumber air untuk lahan sawah masyarakat, ” tambah Nike.

Terkait dengan kondisi wabah Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pihak nagari akan melaksanakan penyemprotan disinfektan serta menyosialisasikan rencana penerapan PSBB.

“Kita akan terus melakukan penyemprotan disinfektan keseluruh pemukiman warga serta menyampaikan berbagai ketentuan terkait pembatasan sosial berskala besar,” tambah Nike.

Hal ini penting agar masyarakat Pasir Talang Selatan yang mayoritas bertempat tinggal di pusat keramaian, seperti Pasar Muara Labuh di Kampung Palak serta pusat pertokoan lainnya di sepanjang jalur cuaca hingga ke pusat Kota Muara Labuh mampu menerapkan prosedur terkait antisipasi penyebaran virus Covid-19 atau bisa menjaga diri dari penyebaran wabah virus Corona saat ini. (wal)

Kami Hadir di Google News