Sumatera Barat

Walikota dan Forkopimda Payakumbuh Panen Padi Bersama

71
×

Walikota dan Forkopimda Payakumbuh Panen Padi Bersama

Sebarkan artikel ini
Walikota dan Forkopimda Payakumbuh Panen Padi Bersama
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi panen padi bersama Forkopimda. (humas)

mjnews.id – Guna menghadapi masa pandemi wabah Virus Corona (Covid-19) saat ini, Pemko Payakumbuh melakukan panen bersama di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Bersama Walikota Riza Falepi, panen bersama itu juga turut hadir Dandim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Ferry S Lahe, Kajari Kota Payakumbuh yang diwakili Kasi Intel Robby Prasetya, Ketua DPRD Hamdi Agus, serta Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Camat Payakumbuh Timur dan Lurah Payobasung.

Walikota Riza Falepi, Minggu (26/4/2020) mengatakan, jumlah produksi padi Kota Payakumbuh sebesar 39.800 ton dan 22.125 ton kalau sudah jadi beras.

“Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan konsumsi seluruh masyarakat Kota Payakumbuh. Dengan total jumlah panen keseluruhan tersebut, hanya 66 persen atau 14.590 ton beras yang digunakan untuk konsumsi masyarakat Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Meski sudah melewati kebutuhan masyarakat kota, agar selalu dapat mempertahankan dan menjaga ketersediaan pangan di Payakumbuh, Pemko setempat telah membuat serta menetapkan rancangan Peraturan Daerah tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) seluas 1.750 hektare sehingga ada lahan-lahan yang diperuntukkan untuk pertanian abadi sebagai penghasil beras ke depannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh, Depi Sasra, secara terpisah, mengatakan, panen bersama di kuartal I tahun 2020 dengan jumlah produksi beras masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat kota Payakumbuh. (*/hms)

Kami Hadir di Google News