Sumatera Barat

2.363 KK Payakumbuh Terima BLT dari Pemprov Sumbar

75
×

2.363 KK Payakumbuh Terima BLT dari Pemprov Sumbar

Sebarkan artikel ini
2.363 KK Payakumbuh Terima BLT dari Pemprov Sumbar

mjnews.id – Sebanyak 2.363 KK di Kota Payakumbuh menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat. Bantuan yang diberikan itu merupakan bantuan langsung bagi masyarakat yang terdampak Corona Virus (Covid-19) di sejumlah kelurahan di Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menyerahkan secara simbolis BLT dari Pemprov Sumbar itu kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kelurahan Parik Muko Aia, Kecamatan Latina dan Padang Datar Tanah Mati, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (6/5/2020). Penyerahan itu, juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Sosial Idris, Camat Latina David Bachri, Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi dan lurah masing-masing daerah.

“Jumlah bantuan sama yaitu Rp600 ribu perbulan. Untuk tahap pertama langsung dirapel 2 bulan, karena terhitung dari bulan April, untuk bulan berikutnya akan dibagikan secara berkala. Dana yang disiapkan Pemko adalah untuk masyarakat yang belum mendapat bantuan dari pusat dan provinsi. Bantuan Pemko baru akan dibagikan setelah jelas data orang yang belum menerima bantuan dari pusat maupun pemprov. Tujuannya yaitu agar bantuan ini dapat merata kepada seluruh warga yang terdampak Covid-19 ini,” ujar Riza, usai menyerahkan bantuan itu, kepada wartawan.

Sementara itu, Kadis Sosial Idris, secara terpisah, menambahkan, jumlah Bansos dari pusat (Kementerian Sosial) ada sebanyak 4.548, sedangkan data yang telah dibaca oleh sistem sebanyak 4.080 dan sisanya sedang di proses. Bantuan ini disalurkan kepada masyarakat terdata di luar dari penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Untuk bantuan dan provinsi ada sebanyak 2.326 KK untuk Kota Payakumbuh dan telah cair hari ini. Penyerahan baru secara simbolis, untuk sisanya masyarakat yang telah didata datang langsung mengambil bantuan ke kantor pos secara bertahap,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Idris yang didampigi Kabid Pemberdayaan Sosial Ance Alfiando, untuk Bansos Tunai Kemensos daerah menunggu finalisasi data dari Kemensos RI. Data sudah dikirim melalui sistem, dan dipantau progresnya setiap saat, data yang masuk ke dalam kuota. Sekarang baik BLT Pemprov maupun Bansos kemensos mengakomodir nama-nama di luar data DT KS, nilainya sama yaitu Rp600 ribu setiap bulan selama 3 bulan.

“Masyarakat harus mema hami bahwa bantuan tadi baru dari pemerintah provinsi, kalau di Kemensos sudah final, pusat akan menyalurkannya juga. Harapan kita semua masyarakat terdampak akan terbantu dengan semua program. Yang kita banggakan juga kontribusi pihak lain yang ikut membantu seperti ASN,” ungkapnya. (*/eds)

Kami Hadir di Google News