Sumatera Barat

P3A Silaing Bawah Bersihkan Timbunan Longsor dari Saluran Irigasi

94
×

P3A Silaing Bawah Bersihkan Timbunan Longsor dari Saluran Irigasi

Sebarkan artikel ini
P3A Silaiang Bawah Bersihkan Timbunan Longsor dari Saluran Irigasi
P3A Silaiang Bawah Bersihkan Timbunan Longsor dari Saluran Irigasi. (f/kominfo)

PADANG PANJANG, Mjnews.id – Tertimpa longsor pada Desember 2022 lalu, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kelurahan Silaing Bawah (Silba) laksanakan gotong royong bersihkan saluran irigasi yang bertempat di bawah Kelok Silaturrahmi Kelurahan Silaing Atas (Silat), Rabu (4/1/2023).

Gotong royong tersebut dibantu perwakilan Karang Taruna Silba, Tenaga Lapangan Kelurahan Silba dan Silat, Dinas Perkim LH, BPBD Kesbangpol, Komisi Irigasi. Turut hadir camat Padang Panjang Barat yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan, lurah Silba, ketua LPM Silba.

Peserta goro menggunakan berbagai peralatan untuk membersihkan irigasi yang tersumbat. Lurah Silba, Benny Satria, S.Par mengatakan, pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penyumbatan yang menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan petani Silba.

Dikatakannya, sejauh ini irigasi di daerah setempat belum dapat melayani areal persawahan secara keseluruhan. Jadi tim P3A memiliki ide untuk melakukan gotong royong agar saluran air lancar.

“Mengingat kondisi lapangan terdapat dua titik longsor yang cukup berat, goro hari ini baru mampu mengerjakan kurang dari separoh titik lonsor. Semoga perbaikan irigasi ini menjadi titik perhatian OPD terkait agar saluran irigasi dapat berfungsi kembali,” harapnya.

Sementara itu Wel Ardi, Ketua P3A menyampaikan, sebelumnya timnya sudah memiliki ide untuk melaksanakan goro ini, karena saluran air tersumbat ditambah lagi terjadinya longsor pada Desember 2022 lalu.

Selain itu, goro ini juga dilaksanakan untuk menghindari terjadinya longsor di Kelok Silaturrahmi. “Kita tidak ingin terjadinya longsor lagi di sini makanya kami adakan goro ini,” pungkasnya.

(cgs/arb)

Kami Hadir di Google News