Sumatera Barat

Wakil Bupati Tanah Datar Goro Malam Bersama Warga Lintau

78
×

Wakil Bupati Tanah Datar Goro Malam Bersama Warga Lintau

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Tanah Datar Goro Malam Bersama Warga Lintau
Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma menyampaikan sambutan. (ist)
mjnews.id – Warga di Jorong Tigo Tumpuak, Nagari Taluak, Lintau Buo, melaksanakan gotong royong di malam hari. Kegiatan yang turut diikuti Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Bustanul Muhaqiqin di Jorong Tigo Tumpuak Nagari Taluak, Kecamatan Lintau Buo,.
Keikutsertaan wabup pada goro yang berlangsung Minggu (7/6/2020) malam itu, dalam rangka mendukung masyarakat menggiatkan kembali semangat kerjasama dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat.
“Semangat goro itu, selain meningkatkan silaturahim, juga dapat membangun kebersamaan. Wabup ingin memotivasi dan memicu partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” sebut keterangan pers itu.
Pimpinan Ponpes Syaiful Anwar menyatakan, pihaknya berterima kasih kepada Wabup Zuldafri, karena telah ikut goro bersama masyarakat di pesantren yang dipimpinnya, kendati kegiatan berlangsung pada malam hari.
“Goro kita laksanakan pada malam hari, karena masyarakat bekerja pada siang harinya,” katanya.
Dikatakan, kehadiran pesantren itu merupakan wujud dari kepedulian perantau dan masyarakat setempat, dalam rangka meningkatkan kegiatan keagamaan di tengah kemajuan teknologi. Pembangunan pesantren, imbuhnya, murni swadaya masyarakat.
Pada tahun pelajaran 2020/2021, kata Syaiful, sudah mendaftar 26 orang calon santri. Mereka akan mulai mengikuti proses belajar mengajar pada dua unit lokal yang telah selesai dibangun, dan didukung dengan enam orang tenaga pengajar.
Wabup dalam arahannya menyatakan, pihaknya memberi apresiasi masyarakat Taluak, karena mampu membangun semangat kegotongroyongan di tengah gaya hidup yang berubah menjadi individual, dan cenderung tidak memperdulikan lingkungan sekitar.
“Semoga dengan goro ini kita bisa menumbuhkembang rasa kebersamaan, sekaligus meningkatkan silaturahim sesama masyarakat Taluak. Dengan goro, beban berat bisa jadi ringan, pekerjaan berat bisa dituntaskan, biaya besar dapat diatasi,” kata wabup.
Zuldafri berharap, budaya goro dan hidup badunsanak dapat dipertahankan. Kebersamaan, tegas nya, menjadi kunci kemajuan dan meraih kesuksesan.
Berbicara soal pesantren yang akan memulai operasional tahun ini, Zuldafri menyatakan, Pemkab Tanah Datar akan berupaya membantu kelanjutan pembangunannya. Untuk itu, wabup meminta pengurus agar menyelesaikan segala urusan administrasinya, di antaranya adanya yayasan berbadan hukum yan menaungi.
Walinagari Taluak, Pendi Aswin juga mengapresiasi warganya, karena telah melaksanakan goro guna mendukung kemajuan pem bangunan pesantren di nagari itu. Dia juga berterima kasih kepada wabup, karena telah berkenan berpartisipasi, kendati goro dilaksanakan pada malam hari. (mus)

Kami Hadir di Google News