Sumatera Barat

Pasbar Expo Kembali Hadir di Hari Jadi Kabupaten ke-19

115
×

Pasbar Expo Kembali Hadir di Hari Jadi Kabupaten ke-19

Sebarkan artikel ini
Pasbar Expo Kembali Hadir di Hari Jadi Kabupaten ke-19
Pasbar Expo Kembali Hadir di Hari Jadi Kabupaten ke-19. (f/kominfo)

Pasbar, Mjnews.id – Hari Jadi Kabupaten Pasaman Barat ke-19 kembali dimeriahkan dengan hadirnya Pesta Rakyat (Bazar) atau Pasbar Expo, yang dibuka Bupati Hamsuardi, Sabtu (7/1/2023) sore di halaman Kantor Bupati setempat.

Pembukaan Pasbar Expo juga dihadiri Wakil Bupati Risnawanto, Sekda Hendra Putra, Anggota DPRD Sumbar, Samsul Bahri, Ketua TP PKK Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Ketua DWP Ny. Ayu Hendra Putra, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan stakeholder lainnya.

Kehadiran Pasbar Expo sudah lama dinanti oleh masyarakat Pasaman Barat, karena beberapa tahun terakhir tidak dilaksanakan akibat pandemi Covid-19. Terbukti masyarakat Pasaman Barat tumpah ruah menyaksikan pembukaan Pasbar Expo, berlanjut dengan kunjungan bazar hingga malam harinya. 

Dalam Pembukaan Pasaman Barat Expo itu, juga dilakukan launching atau peluncuran program Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan BPJS JKN KIS Pasaman Barat dan launching Inovasi Pandeka Sakti oleh Bupati Hamsuardi. Inovasi Pandeka Sakti merupakan pelayanan Adminduk secara berkeliling dan terintegrasi.

Peluncuran Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan BPJS JKN KIS Pasaman Barat juga dihadiri oleh Edi Sulistiyo, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat dan Jambi. 

Edi Sulistiyo mengatakan bahwa Kabupaten Pasaman Barat mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Terbukti Pemkab Pasbar memberikan APBD murni sebesar Rp 44 miliar.

“Artinya terlihat Pemerintah Daerah sangat memperhatikan kesehatan masyarakatnya secara keseluruhan. Bagi yang mampu tentunya bisa menjaga kesehatannya sendiri, sedangkan bagi yang tidak mampu maka pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dikatakannya, ini merupakan kado terindah dari Pemda di HUT Pasaman Barat ke-19, memberikan layanan berobat gratis bagi masyarakat Pasaman Barat.

“Semoga ke depan masyarakat Pasaman Barat semakin maju dan masyarakatnya sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Bupati Hamsuardi menjelaskan bahwa tahun ini merupakan tahun yang ditunggu oleh masyarakat Pasaman Barat untuk melaksanakan Pesta Rakyat (bazar) atau Pasaman Barat Expo. Bupati menyebutkan kegiatan ini sangat mendukung pelaku UMKM di Pasaman Barat karena melalui Expo ini bisa mempromosikan produknya. 

“Alhamdulillah covid-19 telah berlalu, sehingga kita bisa melakukan kegiatan Pasaman Barat Expo kembali. Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan dukungan penuh atas terlaksananya kegiatan ini hingga pembukaan Expo,” ucap Hamsuardi.

Ia juga terus bertekad memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan berobat gratis, demi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Begitu juga dengan program Inovasi Pandeka Sakti, Pelayanan Adminduk Secara Keliling Dan Terintegrasi. Ini juga merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat terutama tentang kependudukan.

“Sebab, KK dan KTP hal utama dalam mengurus berobat gratis ini. Saya juga yakin masih ada masyarakat yang belum punya KTP dan KK, sehingga Inovasi Pandeka Sakti sangat dibutuhkan saat ini. Walaupun saat ini baru satu sepeda motor yang kita gunakan karena baru percobaan. Jika sudah lancar akan kita tambah,” tegas Hamsuardi.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumbar Samsul Bahri juga berjanji akan memberikan dana pokirnya untuk 10 motor dalam mendukung inovasi Pandeka Sakti tersebut.

Ketua panitia pelaksana HUT Pasaman Barat Sekretaris Daerah Pasbar Hendra Putra mengatakan bahwa dalam kegiatan Pasbar Expo terdapat 310 stand yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut. 

“Sebanyak 170 stand difasilitasi oleh pemerintah daerah, selebihnya swakelola oleh masyarakat. Semoga ini bisa menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha di Kabupaten Pasaman Barat, karena dengan dasar itulah kegiatan ini terlaksana,” katanya.

(wal)

Kami Hadir di Google News